Aslinda, Maya Dwi Nur (2024) Efektivitas Model Creative Problem Solving (Cps) Berbasis Mind Mapping Terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V Di Min 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
PGMI_203200064_MAYA DWI NUR ASLINDA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Aslinda, Maya Dwi Nur. 2024. Efektivitas Model Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Mind Mapping Terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V Di MIN 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: H. Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci : Model Creative Problem Solving (CPS), Kemampuan Penyelesaian Masalah, Pendidikan Pancasila
Pembelajaran pendidikan pancasila merupakan pembelajaran yang berkaitan dengan masalah dalam kehidupan sosial masyarakat. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa banyak kendala dalam proses belajar pendidikan pancasila salah satunya yaitu kendala dalam penyelesaian masalah, selain itu nilai siswa masih berada di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Beberapa penyebabnya adalah dalam pembelajaran guru menggunakan model konvensional atau ceramah, sehingga antusias siswa mengikuti pembelajaran kurang maksimal. Upaya untuk mengatasi hal tersebut peneliti melakukan penelitian terhadap pembelajaran pendidikan pancasila dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), mengetahui kemampuan penyelesaian masalah pendidikan pancasila setelah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), dan mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan penyelesaian masalah pendidikan pancasila siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment design. Dalam pengambilan sampel quasi experiment design dilakukan secara langsung dipilih oleh peneliti. Sampel penelitian ini yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Data penelitian diolah dan dilakukan uji hipotesis berupa uji independent t-test dan uji n-gain.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Persentase pelaksanaan pembelajaran sebesar 85% dengan kategori sangat baik. (2) Kemampuan penyelesaian masalah pada pre test memiliki rata-rata sebesar 36,83 sedangkan pada post test sebesar 85,33. (3) Pada uji independent t-tes memperoleh nilai sig. (2- tailed) yaitu 0,021 dimana 0.021 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada perbedaan kemampuan penyelesaian masalah pendidikan pancasila pada kelas kontrol dan eksperimen. Pada uji n-gain score menunjukkan bahwa nilai rata rata n-gain pada kelas eksperimen syang menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) sebesar 78% termasuk kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhlison Effendi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 07:11 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 07:11 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29111 |
Actions (login required)
View Item |