Persepsi Guru PAI Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran PAI Di MAN 3 Madiun

Rifa`i, Muhamad (2024) Persepsi Guru PAI Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran PAI Di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD E TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, pendidikan tidak lagi terbatas pada ruang kelas konvensional. Penggunaan media sosial sebagai alat pembelajaran telah menjadi tren baru yang menarik perhatian banyak kalangan, termasuk dalam konteks Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Salah satu inovasi teknologi yang tengah menjadi tren di kalangan siswa adalah aplikasi media sosial TikTok. Meskipun di Tengah era teknologi informasi telah menghadirkan berbagai kemajuan dalam bidang pendidikan, hasil pengamatan menunjukkan bahwa mayoritas guru PAI di MAN 3 Madiun masih minim menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini memfokuskan pada persepsi guru PAI di MAN 3 Madiun terhadap penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran PAI.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan persepsi guru Pendidikan Agama Islam di MAN 3 Madiun terhadap penggunaan TikTok dalam pembelajaran PAI serta untuk mengeksplorasi pandangan mereka terkait pertimbangan aspek moral dan etika dalam penggunaan aplikasi tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana pandangan guru PAI di MAN 3 Madiun tentang penggunaan TikTok dalam pembelajaran? (2) bagaimana pandangan mereka terkait dengan pertimbangan aspek moral dan etika dalam penggunaan TikTok dalam pembelajaran agama Islam? dan (3) Apa saja saran dan rekomendasi dari guru PAI di MAN 3 Madiun untuk penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran PAI?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman, dimana ada tiga tahapan dalam proses analisis data yakni reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau veriifikasi. Peneliti melakukan penelitian pada semester ganjil 2023/2024 dan bertempat di Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan guru PAI di MAN 3 Madiun terhadap aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran memiliki perbedaan pendapat. Ada pandangan positif, namun ada juga pandangan negatif Perbedaan pandangan ini dipengaruhi oleh latar belakang agama dan pengalaman individu. Adapun penelitian ini juga mengidentifikasi empat pertimbangan moral dan etika dalam penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran PAI. Pertimbangan tersebut meliputi kesesuaian akhlak atau nilai-nilai Islam, unsur edukasi, kebenaran informasi, dan perlunya pengawasan dan bimbingan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Kemudian saran dan rekomendasi dalam penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran diantaranya menekankan pentingnya niat dan moral, pengarahan konten dan pentingnya menjaga fokus siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:11
Last Modified: 24 Jun 2024 06:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29103

Actions (login required)

View Item View Item