Nudin, Dzikri Ihsan (2024) Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Ngadirojo Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200274_Dzikri Ihsan Nudin_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Minat belajar merupakan salah satu aspek terpenting dalam pembelajaran. Minat belajar memainkan peran yang sangat penting dalam diri siswa, dan pengaruhnya melibatkan berbagai aspek perkembangan dan prestasi siswa. Minat belajar adalah motivator intrinsik yang mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajaran. Ketika siswa memiliki minat yang tinggi terhadap suatu subjek atau topik, mereka cenderung lebih termotivasi untuk memahami dan mengeksplorasi lebih dalam. Minat belajar juga memiliki peranan penting dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Mata pelajaran ini memiliki bahasan yang luas dan dalam sehingga sangat penting bagi siswa untuk mendalami lebih jauh secara mandiri. Hal tersebut akan berjalan dengan maksimal jika siswa memiliki minat belajar yang tinggi. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Ngadirojo Pacitan mulai menggunakan media pembelajaran audio visual disamping ceramah sebagai langkah untuk meningkatkan minat belajar siswa. Media pembelajaran berbasis audio visual dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru untuk mengemas materi pembelajaran agar lebih menarik bagi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) strategi penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Ngadirojo Pacitan; dan (2) kontribusi penggunaan media pembelajaran audio visual dalam peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Ngadirojo Pacitan.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Dalam sebuah proses penelitian kualitatif hal hal yang bersifat perspektif subjek lebih ditonjolkan dan landasan teori dimanfaatkan oleh peneliti sebagai acuan, supaya proses penelitian sesuai dengan fakta yang ditemui di lapangan ketika melakukan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) Strategi penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Ngadirojo Pacitan adalah dengan menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Beberapa media pembelajaran audio visual yang digunakan guru di SMAN 2 Ngadirojo Pacitan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu video, foto/gambar, slide powerpoint, dan rekaman suara. (2) Media pembelajaran audio visual terbukti memiliki kontribusi yang besar dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Ngadirojo Pacitan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M. Miftahul Ulum |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 03:00 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 03:00 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29087 |
Actions (login required)
View Item |