Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Religius Di MTsN 1 Ponorogo

Kusuma, Afrizal Ardi (2024) Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Religius Di MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Afrizal Ardi Kusuma E-Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kusuma, Afrizal Ardi. 2024. Peran Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Budaya Religius di MTsN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Rahmi Sonia, M.Pd.

Kata kunci: Peran, Kepala Madrasah, Budaya Religius.

Kajian ini dilatarbelakangi oleh krisis moralitas dikarenakan pendidikan saat ini yang lebih fokus pada pertumbuhan kapasitas intelektual dan kurang memperhatikan pertimbangan moral. Oleh jarena itu, madrasah sebagai gerbang awal dalam menjaga moral siswa dirasa perlu memberikan pemahaman agama yang lebih dan penciptaan budaya religius di lingkungan madrasah, tidak terkecuali di MTsN 1 Ponorogo. Dalam hal ini, tidak terlepas dari peran kepala madrasah selaku pelopor utama dalam mengembangkan budaya religius di madrasah, dalam pelaksanaannya tidak semudah yang dibayangkan dikarenakan peserta didik masih sangat memerlukan bimbingan dan dorongan agar senantiasa menjalankan budaya religius di madrasah.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) Menganalisis peran kepala madrasah sebagai edukator dalam mengembangkan budaya religius di MTsN 1 Ponorogo, (2) Menganalisis peran kepala madrasah sebagai motivator dalam mengembangkan budaya religius di MTsN 1 Ponorogo, (3) Menganalisis dampak peran kepala madrasah sebagai edukator dan motivator dalam mengembangkan budaya religius di MTsN 1 Ponorogo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Millies,Huberman dan Saldana dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Peran kepala madrasah sebagai edukator (pendidik) yaitu memenuhi berbagai fasilitas penunjang kegiatan keagamaan, menjadwal para guru yang bertugas untuk menyambut siswa ketika shofahah pagi, membentuk study integrity untuk mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan kedalam berbagai kegiatan madrasah dan menentukan kebijakan penampilan yang harus sesuai dengan kultur madrasah. (2) Peran kepala madrasah sebagai motivator yaitu mengundang tokoh agama ketika tausiyah jumat, membentuk tim sosial rohani madrasah, memberikan reward bagi siswa yang memiliki prestasi dibidang keagamaan, membuat kebijakan untuk melakukan program jumat bersih.(3) Dampaknya menciptakan generasi muda yang berbudi luhur, menciptakan lulusan yang unggul di bidang IPTEK dan juga IMTAQ, menciptakan lulusan yang memiliki prinsip yang kuat, menjadikan siswa lebih mengerti arti pentingnya menjaga nilai-nilai keagamaan, menciptakan persaingan yang positif dalam hal kebaikan serta menjadikan MTsN 1 Ponorogo selalu berinovasi dalam mejalankan budaya religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:59
Last Modified: 24 Jun 2024 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29085

Actions (login required)

View Item View Item