..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..OPTIMALISASI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HALAL (Studi Pada Situs: @Halalcorner & @Halal.indonesia)

Azam, Shelna Azima (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..OPTIMALISASI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HALAL (Studi Pada Situs: @Halalcorner & @Halal.indonesia). Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
501220022_SHELNA AZIMA AZAM_PASCA EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku masyarakat terkait penggunaan media sosial sebagai sumber informasi dan pengetahuan tentang halal serta peran media sosial dan fungsinya sebagai agen sosialisasi untuk mentransfer pengetahuan dan informasi tentang halal serta membangun kesadaran halal di masyarakat. masyarakat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan studi Netnografi. Netnografi merupakan pendekatan interpretatif untuk mempelajari perilaku konsumen dari berbagai budaya dan komunitas di dunia maya atau Internet. Pendekatan ini juga disebut sebagai “etnografi digital” atau “etnografi virtual”. Penelitian ini menggunakan virtual community account 'halal corner & halal indonesia' sebagai objek kajian dan sumber data untuk mengamati proses transfer informasi dan pengetahuan halal dalam membentuk kesadaran halal di masyarakat.
Penelitian ini menemukan bahwa media sosial berperan sebagai agen sosialisasi halal dan berperan dalam membentuk kesadaran halal pada masyarakat. Serta meningkatkan jumlah UMKM yang mempunyai sertifikat halal. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi optimalisasi akun Instagram @halalcorner dan @halal.indonesia antara lain faktor pendukung, dalam hal ini tercukupinya literasi tim serta dukungan dari Kerjasama beberapa pihak untuk menunjang kelancaran peningkatan jumlah sertifikasi halal sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah minimnya pengetahuan UMKM tentang sertifikasi halal, kendala internet dan toolsinstagram, dan kualitas sumber daya manusia. Adapun dampak yang dirasakan diantaranya adalah dampak ekonomi, sosial, dan juga jejaring.

Kata kunci: Optimalisasi Instagram, Kesadaran Halal, Teori Elemen Visual

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Amin Wahyudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:27
Last Modified: 24 Jun 2024 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29063

Actions (login required)

View Item View Item