Ula, Anggik Maghfiratul (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA DI MTS MA’ARIF BALONG PONOROGO. Masters thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
ETHESIS ANGGIK MAGHFIRATUL ULA 201200233.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Ula, Anggik Maghfiratul, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair
Share Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran
Akidah Akhlak Siswa Di MTs Ma’Arif Balong Ponorogo. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ju’subaidi, M.Ag
Kata Kunci: Model Think Pair Share, Motivasi, Hasil Belajar
Penerapan pendekatan penelitian kuantitatif, melalui desain eksperimental,
guru dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran dengan memilih model yang
sesuai materi yang diajarkan. Pemilihan model pembelajaran yang menarik dan
relevan dapat menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dan membantu
mencapai tujuan pembelajaran yang diingikan, dalam mengajar bab adab bersosial
media dalam pandangan Islam, penting untuk menggunakan model pembelajaran
think pair share untuk meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, sehingga
dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar mereka, dan mencapai hasil belajar
yang diharapkan. Pentingnya penelitian kuantitatif untuk memberikan data secara
numerik, yang memungkinkan analisis statistik yang mendalam.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh
penerapan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa pada
materi adab bersosial media dalam pandangan Islam mata pelajaran Akidah Akhlak
siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Balong Ponorogo tahun 2023/2024, (2)
Menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar
siswa pada materi adab bersosial media dalam pandangan Islam mata pelajaran
Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Balong Ponorogo tahun
2023/2024, (3) Menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh penerapan model
pembelajaran think pair share dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa
pada materi adab bersosial media dalam pandangan Islam mata pelajaran Akidah
akhlak siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Balong Ponorogo tahun 2023/2024.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan data berupa angka. Populasi terdiri dari 52 penelitian
adalah siswa kelas VIII MTs Ma’Arif Balong Ponorogo tahun 2023/2024. Sampel
penelitian diambil dengan metode sampel jenuh, dimana seluruh populasi yang
berjumlah 52 responden menjadi sampel. Instrumen pengumpulan data meliputi
penggunaan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan
menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran
think pair share tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada
materi adab bersosial media dalam pandangan Islam mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VIII di MTs Ma’arif Balong Ponorogo, dengan pengaruh hanya sebesar 0,012,
(2) Motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada materi adab
bersosial media dalam pandangan Islam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII
di MTs Ma’arif Balong Ponorogo,dengan pengaruh hanya sebesar 0,002, (3)
Penerapan model pembelajaran think pair share dan motivasi belajar tidak
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada materi adab bersosial media
dalam pandangan Islam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Ma’arif
Balong Ponorogo, dengan pengaruh hanya sebesar 0,040.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ju'subaidi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 02:00 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 02:00 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29059 |
Actions (login required)
View Item |