Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Ma'arif Balong Ponorogo

Ulfa, Anggun Diah Fariana (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Ma'arif Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200234_ANGGUN DIAH FARIANA ULFA_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman dalam ilmu pengetahuan sangat penting khususnya bidang ilmu pengetahuan agama yaitu Ilmu Fiqih. Pemahaman dapat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu penggunaan model pembelajaran. Di Mts Ma’arif Balong khususnya siswa kelas VIII C pada mata pelajaran fiqih terlihat siswa banyak yang kurang memahami materi ketika menggunakan metode ceramah. Hal ini guru dapat menarik perhatian siswa dengan cara menerapkan model pembelajaran cooperative learning. Karena model pembelajaran cooperative learning membantu siswa untuk lebih menguatkan pelajaran akademik dalam setiap anggota kelompok dengan misi agar siswa lebih berhasil dalam belajar dari pada belajar secara individu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran cooperative learning terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Ma’arif Balong Ponorogo tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Data yang dikumpulkan menggunakan tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan seluruh kelas VIII di MTs Ma’arif Balong sebagai populasi yang berjumlah 81 siswa dan sampel yang berjumlah 54 siswa yang dijadikan responden, dimana peneliti mengambil sampel penelitian ini yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data penelitian diolah dan dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen pada kondisi awal pre-test yaitu sebesar 66,11 dan pada kondisi akhir pos-test atau sesudah diterapkan model pembelajaran cooperative learning sebesar 90,19 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pada kondisi awal yaitu sebesar 59,26 dan nilai rata-rata pada kondisi akhir 80,37. Selanjutnya, dibuktikan dengan hasil uji hipotesis Man Whitney U yang telah diketahui sebesar 0,00 karena signifikansinya < 0,05 maka hipotesis tidak ditolak. Jadi Ha tidak ditolak dan Ho ditolak. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa dengan adanya penggunaan model pembelajaran cooperative learning dapat mempengaruhi pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih.

Kata Kunci: Pembelajaran Cooperative Learning, Pemahaman Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:52
Last Modified: 24 Jun 2024 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29053

Actions (login required)

View Item View Item