Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Kedisiplinan Belajar SKI Siswa Kelas IX MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan, Tahun Ajaran 2023/2024

Ngarisyah, Dhillatul (2024) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Kedisiplinan Belajar SKI Siswa Kelas IX MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan, Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200049_Dhillatul Ngarisyah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ngarisyah, Dhillatul. 2024. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Kedisiplinan Belajar SKI Siswa Kelas IX MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan, Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah, Kedisiplinan Belajar SKI.
Kedisiplinan dalam belajar SKI sangatlah penting bagi siswa, sebab dengan kedisiplinan belajar yang tinggi siswa mampu memusatkan perhatian pada tugas yang menjadi tanggung jawabnya tanpa terpengaruh oleh hal lain. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan kelas IX, peneliti menemukan masih rendahnya kesadaran diri siswa terkait dengan kedisiplinan belajar ini terutama pada mata pelajaran SKI, hal ini ditandai dengan masih banyaknya siswa yang suka membolos, datang terlambat masuk kelas, kurangnya kesadaran diri siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah. Selain itu masih banyaknya yang tidak membawa buku pelajaran, mengumpulkan tugas terlambat bahkan ada yang tidak mau mengumpulkan tugas, sebagian siswa juga tidak mengerjakan pekerjaan rumah sesuai tempat dan tidak memperhatikan guru selama pembelajara berlangsung. Maka dari itu penting untuk mengetahui faktor apa saja yang secara signifikan mempengaruhi kedisiplinan belajar SKI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan belajar SKI siswa kelas IX MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan; (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap kedisiplinan belajar SKI siswa kelas IX MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan; (3) pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap kedisiplinan belajar SKI siswa kelas IX MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan.
Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan yang berjumlah 40 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 siswa dari jumlah keseluruhan siswa kelas IX MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Dan untuk instrumen pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data utama berupa angket.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar SKI siswa kelas IX MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan dengan persentase sebesar 11,1%. (2) Lingkungan sekolah berpengaruh sebesar 47,2% terhadap kedisiplinan belajar SKI siswa kelas IX MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan. (3) Lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berpengaruh sebesar 47,8% terhadap kedisiplinan belajar SKI siswa kelas IX MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan.

Ngarisyah, Dhillatul. 2024. The Influence of the Family Environment and School Environment on the SKI Learning Discipline of Class IX Students of MTs Sabilil Muttaqien Nitikan Islamic Boarding School, Plaosan, Magetan, Academic Year 2023/2024. Thesis. Department of Islamic Religious Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Ponorogo State Islamic Institute. Supervisor: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Keywords: Family environment, school environment, SKI learning discipline.
Discipline in studying SKI is very important for students, because with high learning discipline students are able to focus on the tasks they are responsible for without being influenced by other things. From the results of initial observations carried out by researchers at MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan class IX, researchers found that students' self-awareness was still low regarding this learning discipline, especially in SKI subjects, this was indicated by the large number of students who liked to play truant, came late to class, lack of student self-awareness in complying with school rules. Apart from that, there are still many who don't bring textbooks, turn in assignments late and some don't even want to submit assignments, some students also don't do their homework in the right place and don't pay attention to the teacher during the lesson. Therefore, it is important to know what factors significantly influence SKI learning discipline.
This research aims to determine: (1) the influence of the family environment on the SKI learning discipline of class IX students at MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan; (2) the influence of the school environment on the SKI learning discipline of class IX students at MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan; (3) the influence of the family environment and school environment on the SKI learning discipline of class IX MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan.
This research was designed using a quantitative approach with an ex post facto type of research. The population in this study was all class IX students at the Sabilil Muttaqien Nitikan Islamic Boarding School, totaling 40 students. Meanwhile, the sample used in this research was 40 students from the total number of class IX students at MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan. The data analysis technique for this research uses a simple linear regression test and a multiple linear regression test. And the data collection instrument for this research uses the main data collection technique in the form of a questionnaire.
Based on the results of data analysis, it was found that: (1) The family environment influences the SKI learning discipline of class IX students at the Sabilil Muttaqien Nitikan Islamic Boarding School, Plaosan, Magetan with a percentage of 11.1%. (2) The school environment has a 47.2% influence on the SKI learning discipline of class IX MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan. (3) The family environment and school environment have an influence of 47.8% on the SKI learning discipline of class IX students at MTs Pesantren Sabilil Muttaqien Nitikan, Plaosan, Magetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:52
Last Modified: 24 Jun 2024 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29047

Actions (login required)

View Item View Item