Fayoni, Della (2024) Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Membangun Budaya Religius Di MA Miftahul Ulum Kedungpanji Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI 206200077 DELLA FAYONI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Fayoni, Della. 2024. Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Membangun Budaya Religius di MA Miftahul Ulum Kedungpanji Magetan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci : Kepala Madrasah, Leader, Budaya Religius
Banyaknya kasus yang mencerminkan penyimpangan moral dan akhlak menunjukkan bahwa adanya tujuan pendidikan nasional kurang terpenuhi. Hal tersebut juga menjadi tantangan tersendiri bagi MA Miftahul Ulum Kedungpanji. Salah satu upaya yang dapat dilakukan kepala madrasah sebagai pemimpin dari lembaga pendidikan adalah membentuk lingkungan yang baik dan agamis bagi warga madrasah dengan pembangunan budaya religius di lingkungan madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis, yaitu: (1) bentuk peran kepala madrasah sebagai leader; (2) faktor pendukung dan faktor penghambat; dan (3) dampak peran kepala madrasah sebagai leader dalam membangun budaya religius di MA Miftahul Ulum Kedungpanji Magetan.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan Waka Kesiswaan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu Miles, Huberman dan Saldana dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) bentuk peran kepala madrasah sebagai leader dalam membangun budaya religius yaitu pengambilan keputusan dalam pembuatan program kegiatan pembangunan budaya religius di madrasah. Mengarahkan semua warga madrasah melakukan kegiatan religius. Pemberian motivasi semangat dan paham akan pentingnya pembangunan budaya religius di madrasah. (2) faktor pendukung kepala madrasah sebagai leader dalam membangun budaya religius di madrasah yaitu semua bapak/ibu guru turut ikut serta mengarahkan dan memberikan motivasi siswa-siswi agar melakukan kegiatan pembiasaan setiap harinya. Faktor penghambat siswa-siswi yang kurangnya arahan dan kurang termotivasi dalam melakukan kegiatan pembiasaan religius di madrasah. (3) dampak peran kepala madrasah sebagai leader dalam membangun budaya religius yaitu warga madrasah lebih memiliki jiwa religius, siswa-siswi lebih disiplin dan semangat dalam mengikuti pembiasaan religius di madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Syafiq Humaisi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 01:50 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 01:51 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29046 |
Actions (login required)
View Item |