Nilai Pendidikan Akhlak Pada Buku Yang Hilang Dari Kita: Akhlak Karya M. Quraish Shihab Dalam Membentuk Akhlāqu Al-Karīmah

Utami, Luluk (2024) Nilai Pendidikan Akhlak Pada Buku Yang Hilang Dari Kita: Akhlak Karya M. Quraish Shihab Dalam Membentuk Akhlāqu Al-Karīmah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Nilai Pendidikan Akhlak Skripsi Luluk Utami.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting. Akan tetapi pada kenyataannya perkembangan akhlak semakin menurun dari waktu kewaktu. Krisis moral yang melanda manusia dewasa ini telah mengglobal dan semakin parah. Sejauh ini pendidikan agama menjadi sorotan masyarakat, karena banyaknya penyimpangan yang dilakukan oleh remaja pada umumnya yang tidak sesuai dengan nilai agama dan akhlak akhir-akhir ini. Hal ini tidak bisa dibiarkan karena seharusnya lembaga pendidikan memiliki konsep agar penerus bangsa memiliki akhlak yang mulia dan bukan sebaliknya yang tidak memiliki moral. Akhlak adalah tujuan hidup agar manusia menjadi manusia yang sebenarnya manusia. Sebab manusia sebagai makhluk yang paling sempurna harus menyempurnakan akhlaknya agar tidak seperti hewan atau bahkan lebih berbahaya dari hewan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) nilai akhlak dalam buku yang hilang dari kita : akhlak dalam membentuk akhlāqu al-karīmah, (2) bagaimana buku yang hilang dari kita: akhlak dapat membentuk akhlāqu al-karīmah.
Adapun dalam penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (library research) dengan pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penulisan penelitia ini adalah dokumentasi. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah content analysis. sumber data primernya adalah dari Buku Yang Hilang dari Kita: Akhlak. Dan sumber sekundernya adalah dari buku, artikel, maupun sumber lainnya yang berkaitan dengan tema penelitian.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa (1) nilai akhlak dalam Buku Yang Hilang dari Kita: Akhlak terdapat 17 antara lain: Pertama, keikhlasan Kedua, rahmat Ketiga, ilmu Keempat membaca, Kelima, kesabaran Keenam, Ash Shidq(Kebenaran) Ketujuh, Amanah Kedelapan, kesetiaan Kesembilan, kekuatan Kesepuluh, kelapangan dada Kesebelas, toleransi Keduabelas, kemuliaan dan harga diri Ketigabelas, kedisiplinan Keempatbelas, hidup sederhana Kelimabelas, Al Haya’ (Malu) Keenambelas, Tabayyun(Check and Recheck) Ketujuhbelas, Sopan Santun. (2) Dalam menempuh pembentukan akhlak melalui buku yang hilang dari kita: Akhlak karya M. Quraish Shihab terdapat 4 metode yang dapat dilakukan yaitu: pembiasaan(dilakukan dengan terus menerus dan berulang), keteladanan (sebagai peringatan diri untuk terus melakukan hal hal yang membawa dampak positif), olah jiwa(pengendalian diri dan refleksi diri), lingkungan. Dari keempat metode yang dijelaskan metode yang relevan adalah metode pembiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:47
Last Modified: 24 Jun 2024 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29041

Actions (login required)

View Item View Item