..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEWUJUDKAN KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA DI SMPN 1 PONOROGO

Widodo, Wahyu (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEWUJUDKAN KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA DI SMPN 1 PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEWUJUDKAN KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA DI SMPN 1 PONOROGO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai kasus disharmonis antar umat beragama di dalam relasi sosial yang beberapa kali terjadi di lembaga pendidikan, seperti intoleransi, menutup diri dan diskriminasi kelompok mayoritas terhadap kelompok minoritas. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural. SMPN 1 Ponorogo merupakan sekolah negeri di kabupaten Ponorogo yang memiliki berbagai macam keunikan dan latar belakang agama siswa yang berbeda-beda. SMPN 1 Ponorogo menjadi sekolah yang pertama kali menanamkan nilai pendidikan multikultural secara formal di Ponorogo, menjadi lokasi study banding pada masalah penanaman nilai pendidikan multikultural dan pusat pembelajaran non muslim yang dipercaya oleh gereja kabupaten Ponorogo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan multikultural di SMPN 1 Ponorogo dan strategi penerapan serta implikasinya dalam mewujudkan kerukunan antar umat beragama di SMPN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga temuan peneliti. 1) Pendidikan multikultural di SMPN 1 Ponorogo yaitu nilai kemajemukan, nilai kesetaraan, nilai keadilan, nilai kebangsaan, nilai hak asasi manusia dan nilai demokrasi. Hal ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan multikultural di SMPN 1 Ponorogo sudah menciptakan iklim lembaga pendidikan yang mempromosikan kesadaran multikultural. 2) Strategi penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam mewujudkan kerukunan antar umat beragama di SMPN 1 Ponorogo dilakukan melalui pendekatan aditif, guru memberikan edukasi kepada semua siswa terkait pentingnya toleransi melalui materi pembelajaran, memberikan kesetaraan hak yang sama kepada semua siswa dan menerapkan nilai kerjasama antar umat beragama dalam kelas dan di luar kelas. 3) Implikasi penerapan nilai pendidikan multikultikultural dalam mewujudkan kerukunan antar umat beragama di SMPN 1 Ponorogo yaitu siswa memiliki hubungan sosial yang harmonis, tidak ada diskriminasi antar umat beragama dan mampu berkolaborasi mencapai tujuan bersama.
Kata Kunci: Penerapan, Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural, Kerukunan Antar Umat Beragama.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:45
Last Modified: 24 Jun 2024 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29037

Actions (login required)

View Item View Item