..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Antusiasme Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI di MIN 3 Ponorogo

Fitriani, Eva Sa'idatul (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Antusiasme Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI di MIN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi 203200039 Eva Sa'idatul Fitriani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fitriani, Eva Sa’idatul. 2024. Antusiasme Belajar Siswa dengan menggunakan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Video pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI di MIN 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.

Kata Kunci: Antusiasme belajar, media pembelajaran interaktif berbasis video, Ilmu Pengetahuan Alam
Antusiasme belajar penting untuk siswa, karena dapat mendorong motivasi belajar siswa. Antusiasme belajar yang timbul dari dalam diri siswa sendiri akan mendorong motivasi belajar yang lebih kuat dan berkelanjutan. MIN 3 Ponorogo kerap menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis video pada pembelajaran IPA. Karena pemanfaatan media pembelajaran interaktif dapat membantu meningkatkan minat dan perhatian siswa, menumbuhkan pemikiran yang terstruktur, serta memberikan pengalaman yang membantu menumbuhkan keaktifan dan antusiasme belajar siswa.
Studi kualitatif deskriptif ini bertujuan (1) mendeskripsikan antusiasme belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis video dalam pembelajaran IPA di kelas VI MIN 3 Ponorogo, (2) mendeskripsikan tantangan yang ditemui dalam menumbuhkan antusiasme belajar siswa dengan menggunakan media interaktif berbasis video pada pembelajaran IPA di kelas VI MIN 3 Ponorogo.
Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara semi terstruktur ini ditujukan kepada wali kelas VI serta siswa kelas VI, dimana pengambilan sampel merupakan purposif atau non probability sampling. Teknik observasi terstruktur ini dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis video pada pembelajaran IPA. Teknik terkahir yaitu dokumentasi, digunakan sebagai penguat dari teknik-teknik sebelumnya.
Hasil penelitian ini diantaranya, (1) antusiasme belajar siswa kelas VI MIN 3 Ponorogo dalam mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video terlihat dari ketekunan, semangat dalam menanggapi pertanyaan, kesadaran untuk bertanya, antusiasme dalam mengajukan gagasan, melakukan tes formatif, serta memiliki rasa percaya diri yang tinggi, (2) tantangan yang ditemui dalam menumbuhkan antusiasme belajar siswa diantaranya ialah tantangan dalam memilih konten yang menarik dan relevan dengan pembelajaran, tantangan dalam menjaga keterlibatan siswa selama pembelajaran, serta tantangan untuk mengatasi permasalahan teknis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:27
Last Modified: 24 Jun 2024 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29008

Actions (login required)

View Item View Item