Wicaksono, Arif (2024) Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMP Negeri 1 Mlarak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
skripsi upload 20620065 Arif Wicaksono.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sebagai lembaga yang bergerak di dalam usaha mencerdaskan kehidupan
bangsa, sekolah memiliki aturan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar,
yang disebut dengan kurikulum. Seiring perkembangan zaman yang begitu cepat,
memaksa kurikulum untuk terus berubah dan berkembang menyesuaikan kondisi.
Kurikulum merdeka belajar hadir bukan hanya sebagai suatu pedoman anyar bagi
lembaga pendidikan, namun juga sebagai salah satu upaya peningkatan mutu
pembelajaran di sekolah.
Tujuan yang ingin dicapai daalm penelitian ini: (1) Untuk mengetahui dan
menganalisa perencanaan kurikulum merdeka belajar dalam peningkatan mutu
pembelajaran di SMP Negeri 1 Mlarak. (2) Untuk mengetahui dan menganalisa
pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam peningkatan mutu pembelajaran di
SMP Negeri 1 Mlarak. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis evaluasi kurikulum
merdeka belajar dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Mlarak.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara,
observasi dan dokumentasi, dengan metode pengecekan keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dan teknik yang dipilih
dalam analisis data adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kurikulum merdeka belajar
di SMP Negeri 1 Mlarak dimulai pada tahun ajaran 2022, juga menandai kurikulum
merdeka belajar pertama kali diterapkan di SMP Negeri 1 Mlarak. Kegiatan pra�perencanaan meliputi penyusunan kalender pendidikan, penunjukan koordinator,
pembagian tugas. Sedangkan kegiatan dari perencanaan kurikulum merdeka belajar
meliputi perancangan kurikulum operasional satuan pendidikan, perancangan alur
tujuan pembelajaran, perencanaan pembelajaran dan asesmen, penggunaan dan
pengembangan perangkat ajar, serta perencanaan projek penguatan profil pelajar
pancasila. Dalam perencanaan mengacu pada aplikasi platform merdeka mengajar.
(2) Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Mlarak terbagi
menjadi tiga kegiatan, yaitu intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kegiatan projek
penguatan profil pelajar pancasila. SMP Negeri 1 Mlarak menerapkan kurikulum
merdeka belajar dengan menerapkan tahap mandiri berubah. (3) Evaluasi
kurikulum merdeka belajar SMP Negeri 1 Mlarak dilaksanakan setiap akhir tahun
ajaran dengan mengadakan rapat dinas, selain itu juga terdapat evaluasi berkala
yang dilakukan kepala sekolah dan pengawas pendidikan. Evaluasi pembelajaran
meliputi asesmen formatif, asesmen sumatif, dan asesmen diagnostik. Tindak lanjut
dari evaluasi adalah dengan perbaikan pada perencanaan berikutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nur Rahmi Sonia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 01:22 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 01:22 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29001 |
Actions (login required)
View Item |