Penerapan Metode Proyek Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MA Sunan Kalijaga Kendal Ngawi

Santoso, Dicky Bayu Dwi (2024) Penerapan Metode Proyek Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MA Sunan Kalijaga Kendal Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Santoso, Dicky Bayu Dwi. 2024. Penerapan Metode Proyek dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MA Sunan Kalijaga Kendal Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing:Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I
Kata Kunci : Metode Proyek, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Fiqih.
Metode proyek adalah suatu kegiatan yang ditawarkan oleh tenaga kependidikan kepada anak baik secara perseorangan maupun kelompok, dengan menggunakan benda-benda alam sekitar dan kegiatan sehari-hari. Di MA Sunan Kalijaga sendiri, penerapan metode proyek dilakukan secara praktek langsung melalui tugas proyek, dimana peserta didik diharapkan mampu untuk menyelesaikan permasalahan yang akan dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsian langkah-langkah penerapan metode proyek dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran fiqih di MA Sunan Kalijaga Kendal Ngawi (2) mendeskripsikan hasil penerapan metode proyek dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran fiqih di MA Sunan Kalijaga Kendal Ngawi (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode proyek dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran fiqih di MA Sunan Kalijaga Kendal Ngawi.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah memadatkan data, penyajian data dan kesimpulan.
Berdasarkan pembahasan dan temuan penelitian bahwa (1) langkah-langkah penerapan metode proyek dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran fiqih kelas X dengan guru mendesain perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode proyek dan memilih materi pada mata pelajaran fiqih yang berkaitan langsung dengan permasalahan sehari-hari dan membentuk kelompok lalu menampilkan hasil proyek yang sudah dikerjakan. (2) hasil dari penerapan metode proyek dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran fiqih kelas X yaitu siswa mendapatkan pengalaman dari segi sosial, spiritual, pengalaman pribadi dan kretivitas. (3) Faktor pendukung pada penerapan metode proyek dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran fiqih dukungan pihak sekolah yang memafilitasi setiap kegiatan metode proyek yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan materi pelajaran fiqih sendiri yang banyak bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keadaan fasilitas sebagi penunjang metode proyek yang masih minim serta kurikulum merdeka yang baru saja diterapkan di MA Sunan Kalijaga Kendal Ngawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:17
Last Modified: 24 Jun 2024 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28993

Actions (login required)

View Item View Item