Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila di MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo Pulung

Hamndani, Alif Rizal (2024) Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila di MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo Pulung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALIF RIZAH H 203200009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hamndani, Alif Rizal. 2024. Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila di MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo Pulung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Rangga Agnibaya. MA, M.Pd.

Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila

Kurikulum Merdeka merupakan suatu kurikulum pembelajaran yang berkaitan dengan bakat dan minat. Di sini para siswa dapat memilih mata Pelajaran apa yang diinginkan sesuai bakat dan minatnya. Dalam kurikulum Merdeka terdapat P5 atau yang lebih dikenal dengan istilah proyek penguatan profil pelajar pancasila. P5 dirancang untuk menguatkan Upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan standar kelulusan. Dalam pelaksanaanya dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan dan alokasi waktunya. Namun juga tidak menutup kemungkinan masih banyaknya kendala yang dialami dalam pelaksanaan dari kurikulum merdeka ini salah satunya dari kegiatan P5. Sebagai pembentukan karakter siswa sesuai dengan profil pelajar pancasila.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan kurikulum Merdeka dalam pembentukan profil pelajar pancasila di MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo Pulung pada aspek perencanaan (P5) dalam kurikulum Merdeka, Pelaksanaan (P5) dalam kurikulum Merdeka, dan Evaluasi yang dilakukan pada (P5) di kurikulum Merdeka.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan narasumber. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan juga dokumentasi pada penerapan P5 di MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas IV sebagai perwakilan kelas di fase B yang sudah menerapkan kurikulum Merdeka.

Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Tahap perencanaan profil pelajar pancasila terdiri dari pembentukan tim fasilitator P5, Identifikasi kesiapan tingkat satuan pendidikan, Menetapkan topik, tema dan alokasi waktu proyek P5 dan Membuat modul 2) Tahap pelaksanaan.Tahap pertama adalah menyiapkan alat dan bahan, pembentukan kelompok, pengenalan projek P5 dan juga pembagian tugas. Tahap kedua pelaksanaan kegiatan projek P5.Tahap ketiga terdapat cerminan dari profil pelajar pancasila. 3) Tahap evaluasi . Evaluasi dilihat dari prosesnya bukan dari hasil, terdapat evaluasi di akhir semester, terdapat dampak positif dari P5 diantaranya menumbuhkan rasa gotong royong yang tinggi, menumbuhkan kreativitas siswa, mengajarkan kewirausahaan, rasa toleransi yang tinggi, dan juga tercapainya siswa yang terampil dan berakhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rangga Agnibaya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:11
Last Modified: 24 Jun 2024 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28986

Actions (login required)

View Item View Item