Sirajuddin, Muhammad Hanif (2024) UPAYA GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AHL AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH KEPADA SISWA MI MA’ARIF MAYAK TONATAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
2. Skripsi_Muhammad_Hanif_Sirajuddin_upload.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembentukan karakter pada siswa di sekolah sangat diperlukan peran dari seorang guru. Pendidikan menurut Islam, atau pendidikan berdasarkan Islam, yakni pendidikan yang dipahaami dan dikembangkan serta disusun dari ajaran yang terkandung dalam sumber dasarnya, yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Di zaman sekarang, ada banyak yang bermunculan aliran-aliran yang mengaku ahlu sunnah. Akan tetapi di lembaga sekolah MI Ma’aif Mayak ini yang berada dalam naungan Ma’arif NU secara semangat dan berkomitmen dalam penyebaran ahl al-sunnah wa al-jama’ah dan Otomatis tentunya tidak lupa akan menanamkan ajaran atau nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah yaitu dapat melalui materi pembelajaran Aswaja, pengamalan Tawasuth, Tasamuh, Tawazun, I’tidal, Amr Ma’ruf Nahi Munkar serta mengamalkan amaliyah ahl al-sunnah wa al-jama’ah.
Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui pembelajaran materi Aswaja di MI Ma’arif Mayak, (2) mengetahui upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai Aswaja pada diri siswa MI Ma’arif Mayak, dan (3) mengetahui dampak dari upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai Aswaja terhadap penerapan dalam kehidupan sehari-hari pada diri siswa di MI Ma’arif Mayak.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Prosedur penggalian data dalam metode penelitian ini dilakukan dengan cara, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan diolah dan dianalisis dengan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan yang berhasil didapatkan dalam penelitian ini adalah: pertama, dalam pelaksanaan pembelajaran materi Aswaja sudah sesuai dengan materi dan metodenya. kedua, dalam upaya penanaman nilai-nilai Aswaja sudah diterapkan dengan baik. ketiga, terdapat dampak positif setelah ditanamkan nilai-nilai Aswaja terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 07:09 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 07:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28981 |
Actions (login required)
View Item |