Wulansari, Andri Tri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Question Card terhadap Minat dan Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas VIII di MTsN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208200005_ANDRI TRI WULANSARI_TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Wulansari, Andri Tri. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Question Card terhadap Minat dan Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas VIII di MTsN 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif TGT, Minat Belajar, Keaktifan Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yaitu guru hanya terpacu pada model konvensional sehingga membuat minat dan keaktifan siswa menurun. Hal tersebut terlihat ketika pembelajaran siswa tidak fokus, terlalu pasif, dan tidak ada yang bertanya kepada guru untuk mendalami materi IPS. Sehingga peneliti akan memberikan solusi dengan memanfaatkan model pembelajaran kooperatif TGT berbantuan question card.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) model pembelajaran kooperatif TGT berbantuan question card berpengaruh terhadap minat belajar siswa, (2) model pembelajaran kooperatif TGT berbantuan question card berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa, (3) model pembelajaran kooperatif TGT berbantuan question card berpengaruh terhadap minat dan keaktifan belajar siswa pada materi “Pergerakan Kebangsaan Menuju Kemerdekaan”.
Adapun penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen. Pengambilan data dilakukan melalui angket minat dan angket keaktifan dengan sampel kelas VIII MTsN 3 Ponorogo. Analisis data pada penelitian ini diolah dengan bantuan aplikasi SPSS versi.25.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model TGT berbantuan question card terhadap minat belajar IPS siswa kelas VIII, dengan persentase kategori tinggi sebesar 22% pada indikator perasaan senang dan keinginan untuk bersikap aktif dalam pembelajaran, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbantuan question card terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas VIII, dengan persentase kategori tinggi sebesar 19% pada indikator bertanya kepada siswa ataupun guru dan peserta didik mampu melakukan diskusi kelompok dengan baik berdasarkan arahan guru, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbantuan question card terhadap minat dan keaktifan belajar IPS siswa kelas VIII di MTsN 3 Ponorogo secara bersamaan, hal tersebut ditunjukkan pada uji statistik multivariat Manova sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 sehingga hal tersebut disimpulkan menolak H0 dan menerima Ha maka terdapat pengaruh signifikan antara variabel independen dan dependen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M. Syafiq Humaisi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 07:02 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 07:02 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28972 |
Actions (login required)
View Item |