Mahfudhoh, Ulfa (2024) IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 SLAHUNG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200410_Ulfa Mahfudhoh_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Mahfudhoh, Ulfa. 2024. Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Mapel Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Slahung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, S.Pd.I, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Cooperative Learning, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Deferensiasi.
Pendidikan merupakan aspek atau kunci dalam pembangunan siswa yang berkuwalitas. Implementasi metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation berfokus pada partisipasi dan interaksi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru. Metode pembelajaran ini mampu membawa siswa kepada pembelajaran yang aktif sehingga mampu mengembangkan kemampuanya dalam memecahkan permasalahan dalam sebuah pembelajaran yang diberikan guru secara berkelompok. Guru tidak lagi sebagai pusat belajar, akan tetapi siswa lah yang menjadi pusat dalam pembelajaran. Siswa diberikan pilihan-pilihan yang bervariasi dalam hal materi pembelajaran, metode pembelajaran, serta penilaian.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) implementasi metode Cooperative Learning tipe Group Investigation mapel pendidikan agama islam dan budi pekerti pada kurikulum merdeka: (2) Faktor penghambat metode Cooperative Learning tipe Group Investigation mapel pendidikan agama islam dan budi pekerti pada kurikulum merdeka; dan (3) Hasil implentasi metode Cooperative Learning tipe Group Investigation mapel pendidikan agama islam dan budi pekerti pada kurikulum merdeka.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif berjenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari kepala sekolah, guru dan siswa di SMA Negeri 1 Slahung. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan metode Analisa Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil Analisa ditemukan bahwa (1) Metode Cooperative Learning tipe Group Investigation memiliki potensi besar untuk meningkatkan interaksi antara siswa, memperkuat keterampilan sosial, serta meningkatkan pemahaman dalam konsep pembelajaran dimana penekanan berpusat pada siswa. Dengan mengimplementasikan atau menerapkan metode Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat menjadi alat yang sangat efektif; (2) Kendala atau hambatan dalam penerapan metode Cooperative Learning tipe Group Investigation ini karena keterbatasan guru, kurangnya waktu atau jam Pelajaran, keterbatasan sarana dan prasarana yang ada di sekolah; (3) Banyak perubaahan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode ini dari segi tingkat keaktifan dan prestasi siswa. Dengan berkolaborasi siswa dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan bekerja sama secara tim untuk memecahkan suatu permasalahan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Arif Rahman Hakim |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 07:00 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 07:00 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28969 |
Actions (login required)
View Item |