Jannah, Roykatul (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG).. PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MTSN 8 MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Skripsi Roykatul Jannah.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Jannah, Roykatul. 2024. Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik (Guru) dan Kependidikan (TU) di MTsN 8 Magetan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Keberadaan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi sangat penting bagi mendorong kemajuan suatu madrasah. Madrasah dengan sumber daya manusia yang kurang memadai seperti kurangnya disiplin serta kurangnya pelatihan coaching oleh sebab itu kepala madrasah berkewajiban melakukan pembinaan terhadap sumber daya manusia yang tersedia seperti tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, agar memiliki kemampuan yang berkualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Peran kepala madrasah sebagai Manajer dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan, (2) Peran kepala madrasah sebagai Supervisor dalam meningkatkan kualitas kualitas tenaga pendidik dan kependidikan, (3) Peran kepala madrasah sebagai Motivator dalam meningkatkan kualitas kualitas tenaga pendidik dan kependidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil analisis data di MTsN 8 Magetan ditemukan bahwa (1) Peran kepala madrasah sebagai Manajer a). Melakukan perencanaan pembelajaran dengan mengawasi guru menyiapkan silabus dan RPP, b). Mengorganizing menempatkan guru dan staf yang sesuai dengan jenjang pendidikannya, c). Memberikan kesempatan terhadap tenaga pendidik maupun kependidikan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki melalui kegiatan seminar, diklat dan MGMP serta memberikan ruang dan waktu untuk tenaga pendidik maupun kependidikan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, d). Melakukan evaluasi berupa rapat di setiap minggu dan bulan guna melihat sejauh mana progres yang sudah dilaksanakan dan dicapai. (2) Peran kepala madrasah sebagai Supervisor 1). Membantu guru dan staf dalam proses belajar dan menilai langsung kurikulum yang sedang dikembangkan serta menilai kinerja staf; 2). Memimpin sejumlah guru dan staf dalam mengembangkan potensi kelompok, materi pelajaran serta kebutuhan peningkatan kualitas guru dan staf secara bersama, 3). Memberi evaluasi terhadap tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan yang dilaksanakan setiap satu semester sekali (3) Peran kepala madrasah sebagai Motivator a). Memberikan penghargaan secara intensif, b). Menyediakan sumber dan media belajar yang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Thoyib |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 06:55 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 06:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28958 |
Actions (login required)
View Item |