Fayakunikmah, Siti (2024) Analisis Kecerdasan Emosional dalam Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V di MI Ma'arif Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
E THESIS SITI FAYAKUNIKMAH 203200108.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Motivasi yaitu sebuah perubahan energi di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan. Motivasi sangat diperlukan, sebab seseorang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktifitas belajar. Hal ini merupakan pertanda bahwa sesuatu yang akan dikerjakan itu tidak menyentuh kebutuhannya. kurangnya peserta didik dalam kemampuan konsentrasi dikarenakan kurangnya motivasi belajar, lingkungan yang kurang kondusif sehingga adanya rasa malas untuk belajar, dan kondisi fisik yang kurang sehat. Hal tersebut dikarenakan kurangnya motivasi belajar untuk peserta didik dan kurangnya tingkat kecerdasan emosional peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik (2) mengetahui dan mendeskripsikan kecerdasan emosional peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif studi kasus, yang dilaksanakan di MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo. Data yang diperoleh yaitu dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) motivasi belajar peserta didik akan meningkat saat pembelajaran berlangsung dan mendapatkan motivasi untuk belajar dari guru, semangat orang tua atau dukungan sekitar lingkungan, penghargaan, baik itu secara lisan maupun benda. Sehingga peserta didik akan semangat belajar ketika mendapatkan hadiah (2) sebagian peserta didik mampu mengenali emosi, mampu menyertakan emosi dalam Pelajaran, mampu memahami emosi dan mampu mengelola emosi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dwi Ulfa Nurdahlia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 05:54 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 05:54 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28953 |
Actions (login required)
View Item |