Thoriq, Aulia Hanifa (2024) Analisis Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Sumber Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200251_Aulia Hanifa Thoriq_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam konteks pendidikan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu aplikasi yang menonjol adalah TikTok, platform berbagi video pendek yang populer di kalangan remaja dan dewasa muda. Aplikasi TikTok telah menjadi fenomena global dengan jutaan pengguna aktif setiap hari yang menawarkan potensi besar sebagai sumber inspirasi untuk mengubah cara kita mengajar dan belajar, serta bagaimana TikTok dapat digunakan oleh pendidik untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan relevan bagi generasi digital. Namun, pemanfaatannya dalam konteks pendidikan saat ini masih belum sepenuhnya di eksplorasi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi penggunaan aplikasi TikTok sebagai pembelajaran PAI; (2) mengetahui hasil dari pemanfaatan aplikasi TikTok; dan (3) mengetahui dampak positif dan negatif yang diperoleh dari pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai sumber pembelajaran PAI.
Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) untuk mengeksplorasi pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai sumber pembelajaran. Data dikumpulkan melalui pengamatan fenomena dan objek penelitian tanpa interaksi langsung dengan bantuan teknologi internet, media sosial TikTok, dan sumber ilmiah lainnya. Analisis data deskriptif dilakukan dengan menggunakan analisis literatur dan penelusuran konten TikTok yang relevan dengan pembelajaran.
Hasilnya menunjukkan bahwa: (1). TikTok menawarkan beragam konten kreatif yang dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran dan memperkenalkan konsep-konsep pelajaran PAI dengan cara yang kreatif. (2). TikTok memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran melalui beragam konten video, termasuk challenge edukatif, tren TikTok yang relevan dengan konteks pembelajaran, dan memastikan bahwa konten tersebut sesuai dengan tujuan kurikulum. (3). TikTok memiliki banyak dampak positif dan dampak negatif dalam penggunaannya. Pengguna TikTok, terutama pendidik, perlu secara kritis mengidentifikasi dan mengevaluasi dampak yang ada dalam konteks pendidikan agar TikTok menjadi alat pembelajaran yang bermanfaat dan menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M. Fathurahman |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 01:53 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 01:53 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28952 |
Actions (login required)
View Item |