Implementasi Program Literasi Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an di SMPN 1 Siman Ponorogo

Putra, Fahri Dena Ervana (2024) Implementasi Program Literasi Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an di SMPN 1 Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FAHRI DENA ERVANA PUTRA_201200068_SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Putra, Fahri Dena Ervana. 2024. Implementasi Program Literasi Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an di SMPN 1 Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mughniatul Ilma, M.H.
Kata Kunci: Program, Kemampuan Baca, Literasi Al-Qur’an
Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Siman Ponorogo karena ingin mengetahui implementasi program literasi Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa. kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan hal yang seharusnya dimiliki oleh setiap muslim. Mengajarkan Al-Qur'an kepada anak sejak usia dini adalah tanggung jawab setiap orang tua. Selain itu, sekolah juga memiliki peran penting dalam pendidikan Al-Qur'an bagi anak.
Tujuan diadakannya penelitian adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program literasi Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an peserta didik di SMPN 1 Siman Ponorogo; (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung program literasi Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an peserta didik di SMPN 1 Siman Ponorogo; (3) Untuk mengetahui implikasi program literasi Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an peserta didik di SMPN 1 Siman Ponorogo.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case studies). Partisipan penelitian berasal dari guru PAI, guru pendamping program literasi Al-Qur’an, dan siswa SMPN 1 Siman. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) pada proses pelaksanaan program literasi Al-Qur’an ini meliputi tahap pengembangan program, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap evaluasi. (2) faktor penghambat dalam program literasi Al-Qur’an seperti kurangnya minat siswa, kurangnya motivasi siswa, kurangnya dukungan dari lingkungan rumah, dan lingkungan masyarakat. Kemudian faktor pendukung dari program literasi Al-Qur’an ini yaitu dari segi fasilitas yang diberikan sekolah cukup mendukung, guru pendamping yang berkompeten, metode dan strategi yang baik. (3) program literasi Al-Qur’an memiliki implikasi yang baik dalam kemampuan baca Al-Qur’an siswa. seperti meningkatnya kemampuan baca Al-Qur’an siswa sesuai dengan terpenuhinya indikator kemampuan baca Al-Qur’an siswa. selain itu dengan di adakannya program literasi Al-Qur’an tersebut membuat minat dan motivasi baca Al-Qur’an siswa juga meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:52
Last Modified: 21 Jun 2024 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28950

Actions (login required)

View Item View Item