..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film 172 Days Karya Hadrah Daeng Ratu dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Jenjang SMA

Nurhalimah, Elvi (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film 172 Days Karya Hadrah Daeng Ratu dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Jenjang SMA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ElviNurhalimah210317419.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhalimah, Elvi. 2024. Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film 172 Days Karya Hadrah Daeng Ratu dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Jenjang SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Film 172 Days, Pendidikan Akhlak, Nilai Pendidikan Akhlak.
Remaja masa kini atau yang disebut remaja Generasi Z kerap dituding sebagai generasi yang banyak mengalami krisis akhlak. Krisis akhlak yang terjadi di tengah kemajuan teknologi yang pesat ini, sangat perlu diperhatikan dan diberikan penanaman akhlak yang kuat bagi generasi ini, serta menjadi prioritas utama untuk dilakukan oleh orangtua di rumah maupun guru di sekolah. Upaya untuk penanaman akhlak peserta didik salah satunya dengan memberikan keteladanan melalui media film yang memberikan tayangan-tayangan yang dapat membangun akhlak anak dan mengandung nilai pendidikan. Film berjudul 172 Days karya Hadrah Daeng Ratu di dalamnya mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik di usia remaja.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam film 172 Days; dan (2) relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam film 172 Days dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library researc). Sumber data primer berupa film 172 Days karya Hadrah Daeng Ratu dan sumber sekunder berupa referensi yang berhubungan dengan fokus penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode dekumentasi dan observasi atau pengamatan. Teknik analisis data menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis).
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam film 172 Days mencakup nilai akhlak terhadap Allah Swt, meliputi mentauhikan, mengabdi, berzikir, tawakal, h}usnuz}z}on, dan berdoa kepada Allah Swt. Nilai akhlak terhadap Rasulullah Saw, yaitu sholawat dan salam kepada Rasulullah Saw. Nilai akhlak terhadap diri sendiri, meliputi sabar, syukur, ikhlas, istikamah, taubat, tidak mudah putus asa, menjaga kesehatan jasmani, berbusana islami, memelihara kesucian diri, dan menuntut ilmu. Nilai akhlak terhadap sesama, meliputi birrul walidain, membina dan mendidik keluarga, memelihara hubungan silaturahim, saling mengucap salam, dan menutup aib orang lain; (2) nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film 172 Days beberapa di antaranya memiliki relevansi dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA, yaitu relevan terhadap materi kelas X bab 2, materi kelas X bab 3, materi kelas X bab 7, materi kelas X bab 8, materi kelas X bab 9, materi kelas XI bab 2, materi kelas XI bab 7, materi kelas XI bab 9, materi kelas XII bab 1, dan materi kelas XII bab 2, yang terdapat dalam buku paket Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum merdeka terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbudristek.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:49
Last Modified: 21 Jun 2024 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28944

Actions (login required)

View Item View Item