Implementasi Digital Marketing Dalam Pemasaran Pendidikan di MTsN 1 Ponorogo

Mahmudah, Zulfa Layla Nur (2024) Implementasi Digital Marketing Dalam Pemasaran Pendidikan di MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206200165_ZULFA LAYLA NUR MAHMUDAH_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mahmudah, Zulfa Layla Nur. 2024. Implementasi Digital Marketing 4.0 dalam Pemasaran Pendidikan di MTsN 1 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Afni Ma’rufah, M.Pd.

Kata Kunci : Digital Marketing, Pemasaran, Pendidikan

Penggunaan media digital dalam pemasaran lembaga pendidikan merupakan bentuk dari perkembangan teknologi. Sehingga dengan adanya media digital penyebaran dan penyampaian informasi akan semakin luas. Dengan adanya pesaing antar lembaga, maka lembaga harus menyusun setrategi yang lebih efektif. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi melalui media digital. Lembaga pendidikan dapat memasarkan produknya melalui media digital dengan setrategi yang sudah ditentukan oleh lembaga guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1). Strategi digital marketing dalam pemasaran lembaga pendidikan di MTsN 1 Ponorogo; (2) Implementasi digital marketing dalam pemasaran pendidikan di MTsN 1 Ponorogo; (3). Hambatan dan solusi implementasi digital marketing dalam pemasaran pendidikan di MTsN 1 Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan mmodel Miles Huberman and Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1). Strategi penggunaan media digital sebagai sarana pemasaran pendidikan dilaksanakan melalui: pengelolaan media digital, penggunaan media digital, dan pemanfaatan media sebagai pembuatan konten. (2). Implementasi pemasaran melalui media digital yang dilaksanakan di MTsN 1 Ponorogo dilaksanakan dengan cara pembuatan periklanan. Adapun periklanan yang dilaksanakan oleh MTsN 1 Ponorogo yaitu melalui media digital dan media cetak. Walaupun sudah menggunakan media digital, namun pelaksanaan kegiatan pemasaran pendidikan di MTsN 1 Ponorogo juga menerapkan unsur-unsur bauran pemasaran yang meliputi: segmentasi pasar, targetting, dan positioning. Adapun bauran pemasaran yang diterapkan di MTsN 1 Ponorogo meliputi; Co-creation, Currency, Communal activation, Conversation, people, physical evidence, dan process. (3). Adapun hambatan yang dilalui dalam pemasaran menggunakan media digital meliputi; terjadinya kendala pada teknis media yang digunakan. Seperti terjadinya eror pada web yang digunakan apabila terlalu banyak yang mengakses, selain itu kendala pada jaringan yang tiba-tiba trobel. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut meliputi; melakukan evaluasi secara rutin dan evaluasi secara insidental selain itu juga menjaga komunikasi yang baik antar seluruh warga madrasah khusunya pada tim media.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afni Ma'rufah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:45
Last Modified: 21 Jun 2024 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28941

Actions (login required)

View Item View Item