.(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMPN 2 SLAHUNG

Nur Cahyanti, Endah (2024) .(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMPN 2 SLAHUNG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI ENDAH NUR CAHYANTI 2082000015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nur Cahyanti, Endah. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMPN 2 Slahung. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci : Motivasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Student Facilitator and Explaining
Motivasi dan kemampuan pemecahan masalah menjadi hal penting dalam pembelajaran IPS untuk mendukung kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Hasil dari observasi peneliti di SMPN 2 Slahung menghasilkan bahwa proses pembelajaran yang aktif masih tergolong rendah dilihat dari partisipasi diantara siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan masih banyak peserta didik yang belum dapat menemukan cara penyelesaian suatu permasalahan pada pembelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol; (2) nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen; (3) perbedaan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah pada kelas kontrol dan eksperimen.
Adapun penelitian ini dirancang mengunakan metode kuantitatif berjenis kuantitatif eksperimen. Pengambilan data dilakukan melalui angket, pretest dan postest. Partisipan penelitian berasal dari siswa kelas VII di SMPN 2 Slahung. Data hasil penelitian kemudian di analisis menggunakan model Analisa deskriptif dan inferensial.
Berdasarkan analisa data ditemukan bahwa (1) pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest motivasi belajar sebesar 34,50 dan nilai rata-rata posttest 48,70. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah menghasilkan nilai rata-rata 50,43 dan nilai rata-rata postest 61,81. Masih lebih rendah dibandingkan dari kelas eksperimen (2) pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest motivasi belajar sebesar 38,40 sedangkan nilai rata-rata posttest 62,78. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah menghasilkan nilai rata-rata 53,45 dan nilai rata-rata postest 73,67. Lebih tinggi dibandingkan dari kelas kontrol. (3) rata-rata nilai postest motivasi belajar kelas kontrol < kelas eksperimen yaitu 48,70 < 62,78 yang berarti motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, pada hasil uji paired t-test, hasil yang di dapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 pengunaan model student facilitator and explaining lebih efektif. Sedangkan Rata-rata nilai postest kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol < kelas eksperimen yaitu 61,81 < 73,67 yang berarti kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, pada hasil uji paired t-test, hasil yang di dapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,003 < 0,05 pengunaan model student facilitator and explaining lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:41
Last Modified: 21 Jun 2024 01:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28934

Actions (login required)

View Item View Item