Strategi Membangun Branding Madrasah Aliyah Plus Keterampilan dalam Meningkatkan Daya Saing pada Lembaga Pendidikan di MAN 3 Madiun

Aniqoh, Afidatul (2024) Strategi Membangun Branding Madrasah Aliyah Plus Keterampilan dalam Meningkatkan Daya Saing pada Lembaga Pendidikan di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_AFIDATUL ANIQOH_206200048.pdf

Download (8MB)

Abstract

Aniqoh, Afidatul. 2024. Strategi Membangun Branding Madrasah Aliyah Plus Keterampilan dalam Meningkatkan Daya Saing pada Lembaga Pendidikan di MAN 3 Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Panggih Wahyu Nugroho, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi, Brand image, Daya Saing. Brand image merupakan gambaran yang dibentuk oleh sebuah lembaga atau perusahaan sehingga terbentuk di benak konsumen ketika 'berinteraksi' dengan suatu lembaga atau perusahaan tersebut. Citra merek merupakan cara pandang subjektif terhadap suatu merek yang terbentuk melalui beberapa hal seperti logo, desain, dan pengalaman pribadi konsumen. Sekarang ini setiap lembaga dituntut untuk mengelola dan mengupayakan tumbuhnya brand image (citra merek) lembaga di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis image yang dibangun di MAN 3 Madiun, selain itu untuk mengetahui dan menganalisis strategi dalam membangun brand image dalam meningkatkan daya saing beserta faktor pembentuknya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah model dari Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi konduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa; (1) Strategi yang digunakan MAN 3 Madiun dalam membangun brand image lembaga adalah melakukan analisis SWOT, penekanan nilai spiritual, adanya kepercayaan diri dan keberanian lembaga untuk melakukan perubahan, adanya kesinergian dan kolaborasi antara orang tua, madrasah dan peserta didik, penekanan pada program unggulan, melakukan evaluasi dan yang terakhir melakukan promosi; (2) Faktor pembentuk brand image untuk meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di MAN 3 Madiun adalah dengan peningkatan kualitas layanan, adanya kegiatan ekstrakulikuler, prestasi siswa dan pemberdayaan alumni.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:35
Last Modified: 21 Jun 2024 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28926

Actions (login required)

View Item View Item