Ekstrakurikuler Hadrah Sebagai Upaya Mengembangkan Kecerdasan Musikal Peserta Didik di MIN 2 Ponorogo

Octafiyani, Ariska Zulfa (2024) Ekstrakurikuler Hadrah Sebagai Upaya Mengembangkan Kecerdasan Musikal Peserta Didik di MIN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200018_Ariska Zulfa Octafiyani_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ekstrakurikuler hadrah merupakan kegiatan ekstrakurikuler di luar jam pembelajaran. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut kegiatan untuk mengembangkan potensi, bakat, dan minat yang dimiliki oleh peserta didik, melalui kegiatan khusus yang sudah diselenggarakan oleh pihak sekolah. Dalam konteks seni Islam, hadrah mengacu pada pertunjukan musik tradisional terutama rebana, nyanyian syair-syair Islami, sebagai bentuk penghormatan dan pengagungan terhadap Nabi Muhammad Saw dan ajaran-ajarannya. Sedangkan kecerdasan musikal merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk meningkatkan kualitas rangkaian nada dan irama dalam mengekspresikan melalui aktivitas musik, kepekaan anak dalam mendengarkan musik, memainkan alat-alat musik, serta kemampuan dalam menikmati alat musik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler hadrah di MIN 2 Ponorogo, mengetahui hasil pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam mengembangkan kecerdasan musikal di MIN 2 Ponorogo, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan kecerdasan musikal siswa di MIN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisis Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) Pelaksanaan ekstrakurikuler hadrah di MIN 2 Ponorogo rutin di laksanakan pada hari sabtu pada jam 10.00 sampai 12.00. Hal pertama yang dilakukan anggota hadrah absensi, berdoa dan dilanjutkan dengan sholawat nabi sebagai pengawalan latihan. Siswa dibagi menjadi 2 bagian, penabuh dan vocal. Dalam satu hari ada dua lagu, dua lagu tersebut di ulang-ulang sampai mereka menguasai. (2) ekstrakurikuler hadrah sangat berpengaruh dalam mengembangkan kecerdasan musikal anak. Sebelum mengikuti ekstrakurikuler hadrah siswa belum menguasai alat musik dan belum bisa mengatur penarikan nafas dalam tinggi rendahnya nada tetapi setelah mengikuti anak semakin mengerti tentang alat musik. (3) Faktor pendukung dari ekstrakurikuler hadrah di MIN 2 Ponorogo diantaranya semangat anggota hadrah setiap latihan, dukungan dari orang tua dan dukungan penuh dari pihak sekolah. Faktor penghambatnya yaitu ketika pembimbing hadrah tidak hadir anggota hadrah tidak takut kepada pelatih dan yang terjadi anggota hadrah berlarian kemana-mana dan tersisa sebagian yang mengikuti pelatihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:32
Last Modified: 21 Jun 2024 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28922

Actions (login required)

View Item View Item