Dausat, Agus (2024) Peran Guru Dalam Menumbuhkan Sikap Kepedulian Lingkunga Pada Peserta Didik Di MI GUPPI Bogoharjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
AGUS JANKI DAUSAT 203190198 PGMI...pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Dausat, Agus Janki. 2023. Peran Guru Salam Menumbuhkan Sikap Kepedulian Lingkungan Pada Peserta Didik di MI GUPPI Bogoharjo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dwi Ulfa Nurdahlia, M.Si.
Kata Kunci: Peran Guru, Sikap Peduli Lingkungan, peserta didik di MI
Penelitian ini dilaksanakan karena di latar belakangi pentingnya menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan. Sikap peduli terhadap lingkungan merupakan suatu upaya untuk memupuk kesadaran akan pentingnya menjaga dan merawat lingkungan. Sikap peduli lingkungan adalah suatu sikap yang dibutuhkan oleh setiap individu sebab dengan merawat lingkungan dan peduli terhadap lingkungan akan menjadikan lingkungan yang terasa nyaman, mencegah dari kerusakan dan terhindar dari penyakit yang disebabkan pencemaran lingkungan. Meninjau akan pentingnya sikap peduli lingkungan maka perlu ditanamkan sejak dini kepada peserta didik dari madrasah ibtidaiyah. Guru memiliki peran yang sangat urgent dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan di sekolah karena proses interaksi antara peserta didik dan guru banyak terjadi di sekolah.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji lebih dalam bagaimana peran guru dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada peserta didik, faktor pendukung dan juga penghambat peran guru dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada peserta didik dan juga profil sikap kepedulian peserta didik di lingkungan sekolah MI GUPPI Bogoharjo
Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kualitatif dengan tujuan untuk menjelaskan terkait fenomena yang terjadi, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan dengan kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Faktor pendukung pada peran guru dalam menumbuhkan sikap kepedulian lingkungan adalah kegiatan rutin seperti piket kelas dan peran guru. Sedangkan faktor penghambat pada peran guru dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan adalah terdapat peserta didik yang kurang antusias dalam mengikuti kegiatan peduli lingkungan, kurangnya fasilitas. Profil sikap kepedulian lingkungan sekolah peserta didik di MI GUPPI Bogoharjo yaitu pembiasaan menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan sekolah,menyediakan fasilitas untuk membuang sampah dan cuci tangan, tersedianya kamar mandi dan air bersih, dan penanganan limbah praktik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dwi Ulfa Nurdahlia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 01:21 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 01:21 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28906 |
Actions (login required)
View Item |