Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMAN 1 Sambit

Sari, Dila Puspita (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMAN 1 Sambit. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200053_Dila Puspita Sari_Pendidikam Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Dila Puspita. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PAI kelas X Di SMAN 1 Sambit. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing: Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam.
Kurikulum merdeka adalah sebuah upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada sekolah dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Terutama di SMAN 1 Sambit yaitu sebagai sekolah penggerak, dalam implementasi kurikulum merdeka, guru, kepala sekolah, pengawas, bahkan komite sekolah harus memberi contoh dan menjadi suri tauladan dalam mempraktikkan indikator - indikator pendidikan karakter di sekolah maupun di masyarakat pada umumnya. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah salah satu mata pelajaran yang diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik dalam kurikulum merdeka.
Penelitian ini, bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 1 Sambit. 2) mendeskripsikan hasil implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 1 Sambit. 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka siswa kelas X di SMAN 1 Sambit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait. Wawancara dilakukan dengan guru PAI dan pihak sekolah untuk mendapatkan informasi mendalam mengenai implementasi kurikulum merdeka.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 1 Sambit, dilakukan secara tatap muka, evaluasi diagnostik, asesmen formatif, asesmen sumatif pada akhir suatu materi, akhir semester dan akhir suatu fase dengan menggunakan teknik penilaian berupa tes dan non tes. 2) hasil implementasi pada mata pelajaran PAI kelas X berbasis kurikulum merdeka di SMAN 1 Sambit yaitu, adanya perkembangan kompetensi siswa melalui pembelajaran yang fleksibel, pencapaian tujuan pembelajaran melalui penanaman profil pelajar pancasila yang juga mulai berkembang. 3) Faktor pendukung implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sambit yaitu, dalam pelaksanaan penilaian autentik adalah mengenai fasilitas sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya:, kurangnya sosialisasi dan pelatihan kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:23
Last Modified: 20 Jun 2024 06:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28898

Actions (login required)

View Item View Item