..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. ISLAMIC PARENTING KAKEK NENEK DALAM MEWUJUDKAN CUCU YANG BERAKHLAK BAIK (Studi Kasus di Desa Kradinan Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun)

ROHMATIN, ULI (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. ISLAMIC PARENTING KAKEK NENEK DALAM MEWUJUDKAN CUCU YANG BERAKHLAK BAIK (Studi Kasus di Desa Kradinan Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
etheses fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Islamic Parenting, Akhlak
Pengasuhan anak menjadi tanggung jawab orang tua, namun karena beberapa hal kerap terjadi pengalihan pengasuhan anak kepada kakek nenek. Seperti terjadi di Desa Kradinan Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun, pengasuhan anak diserahkan kepada kakek nenek karena orang tua harus bekerja ke luar negeri untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Ditengah maraknya isu negatif pengasuhan kakek nenek yang menyebabkan anak memiliki sifat yang kurang baik, dua dari empat remaja yang pengasuhannya dialihkan kepada kakek nenek menunjukkan akhlak yang baik.hal ini menarik perhatian peneliti untuk meneliti lebih dalam lagi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini melibatkan empat subjek penelitian, yang merupakan cucu dan kerabat terdekat kakek nenek. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku cucu yang berakhlak baik dan menganalisis metode Islamic Parenting yang diterapkan kakek nenek dalam mewujudkan cucu yang berakhlak baik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengasuhan kakek nenek berhasil mewujudkan cucu yang berakhlak baik, dilihat dari tutur kata yang baik dan sopan, bangun pagi, sholat berjamaah di masjid, berdzikir dan membaca Al-Qur’an selepas sholat, berpuasa, mencintai Rasulullah, bersedekah, mandiri, jujur, amanah, dan bertanggung jawab.
Dalam proses pengasuhannya kakek nenek menerapkan Islamic Parenting dengan 1) Metode kebiasaan, kakek nenek menanamkan kebiasaan bangun pagi, sholat berjamaah di masjid dan mengaji selepas sholat. 2) Metode keteladanan, kakek nenek selalu melaksanakan kebiasaan yang ditanamkan pada cucu sebagai teladan bagi cucu. 3) Metode nasehat, saat cucu melakukan kesalahan kakek dan nenek tidak pernah memberikan hukuman, melainkan nasehat dengan tutur kata yang baik dan lembut. 4) Metode perhatian, metode ini diwujudkan dengan pemenuhan kasih sayang dan dukungan kepada cucu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:22
Last Modified: 20 Jun 2024 06:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28895

Actions (login required)

View Item View Item