Umi Azizah, Alifia (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DAN KOERSIF BAGIAN PENGGERAK BAHASA DALAM MENDISIPLINKAN SANTRI BERBAHASA ARAB DAN INGGRIS DI PONDOK PESANTREN MODERN BABUSSALAM MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI UPLOUD E-THESES ALIFIA UMI AZIZAH - KPI - 302190071.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Alifia Umi Azizah. Strategi Komunikasi Persuasif Dan Koersif Bagian Penggerak Bahasa Dalam Mendisiplinkan Santri Berbahasa Arab Dan Inggris Di Pondok Pesantren Modern Babussalam Madiun, Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Faiq Ainurrofiq, M.A.
Kata Kunci: Komunikasi Persuasif dan Koersif, Mendisiplinkan
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya urgensi penguasaan bahasa asing di era modernisasi dan digitalisasi. Hal tersebut selaras dengan temuan peneliti mengenai penurunan kualitas disiplin khususnya dalam bidang bahasa asing di Pondok Pesantren Modern Babussalam Madiun. Sedangkan kedisiplinan menjadi salah satu tanda kehidupan dalam pesantren. Keberlangsungannya senantiasa diiringi dengan berbagai proses dan usaha, kadang kala hanya dengan ia dapat ditegakkan melalui upaya persuasif namun tidak jarang juga diperlukan adanya komunikasi koersif untuk menyayatkan sedikit goresan agar disiplin dapat terjalankan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi strategi komunikasi persuasif dan koersif yang dilakukan oleh bagian penggerak bahasa dalam mendisiplinkan santri berbahasa Arab dan Inggris di Pondok Pesantren Modern Babussalam Madiun? bagaimana dampak penerapan dari strategi komunikasi persuasif dan koersif?. Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan, dan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data-data yang dibutuhkan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pelaksanaan strategi komuniaksi persuasif oleh bagian penggerak bahasa pusat adalah memfasilitasi santri kegiatan kebahasaan perlombaan, memotivasi, memberikan suri tauladan yang baik, memberi hadiah. Dan Proses pelaksanaan strategi komuniaksi koersif berupa teguran yang mengandung unsur ancaman, hukuman, dan juga tindakan fisik yang lebih sering diterapkan kepada santri bukan santriwati. (2) Dampak penerapan komunikasi persuasif bagi santri ialah rasa senang, rasa ingin memperbaiki diri. Dan bagi santriwati mereka merasa senang, keinginan untuk menjadi lebih baik, namun ketika menerima hadiah justru mereka merasa terbebani karena dengan begitu mereka selalu terikat dalam disiplin bahasa. Sedangkan dampak dari penerapan komunikasi koersif bagi santri ialah rasa jengkel namun ketaatannya terhadap disiplin akan meningkat drastis. Dan bagi santriwati, memunculkan rasa takut, sedih, dan jengkel dan kadang kala juga menyesal. Namun hal tersebut menjadikan mereka lebih mawas diri dan lebih patuh terhadap disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faiq Ainurrofiq |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 03:21 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 03:21 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28875 |
Actions (login required)
View Item |