Nisa, Shelvina Sholikhatun (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG).. Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Fase A Kurikulum Merdeka dalam Upaya Peningkatan Literasi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Ethesis Shelvina Sholikhatun Nisa.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Nisa, Shelvina Sholikhatun. 2024. Kesesuaian Materi Buku Teks Fase A Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka dalam Upaya Peningkatan Literasi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: H. Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Kesesuaian materi, literasi, buku teks, Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka
Keberadaan buku teks pelajaran tidak bisa lepas dari kurikulum yang diberlakukan. Pada saat ini kurikulum yang diberlakukan adalah Kurikulum Merdeka. Buku teks sangat berperan penting untuk pengembangan literasi siswa dikarenakan fenomena yang dikemukakan oleh Programme for International Student Assessment (PISA) menyatakan bahwa siswa di Indonesia memiliki tingkat literasi yang rendah yaitu sekitar 70%. Maka dari itu penelitian ini difokuskan untuk meneliti kesesuaian materi buku teks fase A Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka dalam upaya peningkatan literasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Isi materi ajar buku teks Bahasa Indonesia Fase A dan strategi literasi fase A pelajaran Bahasa Indonesia, dan (2) Kesesuaian antara materi buku teks Bahasa Indonesia fase A dalam meningkatkan literasi.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sumber data dalam penelitian kajian pustaka diperoleh dari buku teks fase A bertema Aku Bisa dan Keluargaku Unik, jurnal, artikel, skripsi, internet dan lainnya, yang mendukung penelitian kesesuaian materi buku teks fase A Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka dalam upaya peningkatan literasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kepustakaan bisa dengan dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal, skripsi dan lain-lain. Analisis data yang digunakan dalam penelitian kajian pustaka (library research) adalah analisis isi.
Berdasarkan hasil penelitian tentang kesesuaian materi buku teks fase A Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan literasi ditemukan bahwa : (1) Isi materi dari buku teks fase A yaitu terdiri dari materi: Menyimak, Membaca, mengamati, menulis, berbicara, mempersentasikan dan Strategi Literasi Fase A Pelajaran Bahasa Indonesia terdiri dari: Interaksi, Bimbingan, Kerja Mandiri, Peragaan. (2) Materi Literasi Membaca dan menulis untuk kelas I yaitu a. Materi membaca buku teks kelas I mencakup latihan merangkai bunyi huruf vokal, membaca suku kata, membaca dengan intonasi dan tanda baca, mengeja suku kata dalam teks, mengenali makna kata, serta mengidentifikasi objek bacaan. Materi ini, yang disajikan dalam materi ajar dan kegiatan pembelajaran pada buku teks Bahasa Indonesia fase A, dapat meningkatkan literasi membaca peserta didik. Ini sejalan dengan teori literasi Haryati (2014), didukung oleh Owocki (2001), Morrow (2007), dan Neuman dan Roskos (1993), bahwa literasi adalah kemampuan mengkonstruksi makna melalui membaca dan menulis. Dengan demikian, materi dalam buku teks Bahasa Indonesia fase A kurikulum merdeka untuk kelas I berpotensi meningkatkan literasi membaca peserta didik karena mencakup aspek penting dalam pengembangan kemampuan membaca awal, termasuk pengenalan huruf, pemahaman makna, dan penggunaan intonasi yang tepat, b. Materi menulis buku teks kelas I mencakup latihan menulis nama, dua tanda baca (tanda tanya dan tanda seru), menebalkan suku kata dan kalimat, mengisi suku kata yang hilang, menulis benda yang diinginkan dan dibutuhkan, serta menjawab pertanyaan. Materi ini, sesuai dengan teori literasi Haryati (2014) dan didukung oleh Owocki (2001), Morrow (2007), serta Neuman dan Roskos (1993), dapat meningkatkan literasi menulis peserta didik. Dengan berbagai aspek penting dalam pengembangan kemampuan menulis awal yang mencakup penulisan huruf, tanda baca, pemahaman makna, dan konteks penggunaan, buku teks Bahasa Indonesia fase A kurikulum merdeka untuk kelas I sangat berpotensi meningkatkan literasi menulis peserta didik. Sementara itu, Materi Literasi Membaca dan menulis untuk kelas I yaitu a. Materi membaca buku teks kelas II sangat beragam, mulai dari "Mimi Marah", "Ayo Berlatih Silat", "Nama-nama Tempat", hingga "Joko Kendil dan si Gundul". Keberagaman ini dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik, sejalan dengan teori literasi Haryati (2014), didukung oleh Owocki (2001), Morrow (2007), serta Neuman dan Roskos (1993), yang menyatakan literasi sebagai kemampuan mengkonstruksi makna melalui membaca dan menulis. Oleh karena itu, materi dalam buku teks Bahasa Indonesia fase A kurikulum merdeka untuk kelas II dapat meningkatkan literasi membaca peserta didik, b. Materi menulis buku teks kelas II mencakup menuliskan kalimat dengan tanda baca titik, huruf kapital, tanda seru, dan koma; menulis kombinasi subjek, predikat, dan objek; menuliskan ulang kata kunci atau frasa ke dalam paragraf sederhana; menulis nama-nama pekerjaan; serta langkah-langkah membuat produk. Materi ini sejalan dengan teori literasi Haryati (2014) dan didukung oleh Owocki (2001), Morrow (2007), serta Neuman dan Roskos (1993), yang menyatakan literasi sebagai kemampuan mengkonstruksi makna melalui membaca dan menulis. Oleh karena itu, materi dalam buku teks Bahasa Indonesia fase A kurikulum merdeka untuk kelas I sangat berpotensi meningkatkan literasi menulis peserta didik karena mencakup aspek penting dalam pengembangan kemampuan menulis awal, termasuk penulisan huruf, tanda baca, pemahaman makna, dan konteks penggunaan. Dari hasil penelitian buku teks fase A kurikulum merdeka untuk kelas I dan II dapat meningkatatkan literasi membaca dan menulis pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhlison Effendi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 03:19 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 03:19 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28874 |
Actions (login required)
View Item |