RELEVANSI NILAI-NILAI SISTEM AMONG KI HAJAR DEWANTARA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 3 PONOROGO

Kurniati, Amelia Suci (2024) RELEVANSI NILAI-NILAI SISTEM AMONG KI HAJAR DEWANTARA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 3 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E THESIS 16 Juni 2024 Amelia Suci Kurniati_SKRIPSI_RELEVANSI NILAI-NILAI SISTEM AMONG KI HAJAR DEWANTARA DALAM KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 3 PONOROGO (1) (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurniati, Amelia Suci. 2024. Relevansi Nilai-Nilai Sistem Among Ki Hajar Dewantara dengan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Sistem Among Ki Hajar Dewantara, Kompetensi Kepribadian, Guru Pendidikan Agama Islam.

Kompetensi kepribadian merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki oleh seorang guru, termasuk guru pendidikan agama Islam. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai sistem among Ki Hajar Dewantara. Namun, masih ditemukan guru di Indonesia yang belum menguasai kompetensi kepribadian, terbukti dengan adanya kasus kekerasan dan pelecehan oleh guru terhadap siswa. Oleh karena itu, peneliti ingin mengkaji nilai-nilai sistem among Ki Hajar Dewantara dengan kompetensi kepribadian guru pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) relevansi nilai-nilai sistem among Ki Hajar Dewantara dengan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Ponorogo; (2) faktor yang mempengaruhi relevansi nilai-nilai sistem among Ki Hajar Dewantara dengan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Ponorogo.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Ponorogo dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilaksanakan dengan Perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, mengadakan memberchek.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) nilai-nilai sistem among Ki Hajar Dewantara dengan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Ponorogo ditunjukkan melalui, nilai pertama dengan ucapan dan bahasa yang santun, jujur dengan kebaikan, sikap disiplin, tegas, dan tidak pandang bulu, serta mempersiapkan pembelajaran dengan baik. Nilai kedua dengan mau mendengarkan dan tidak mendominasi, bersikap sabar, telaten dan tenang, mau menghargai pendapat siswa, mau belajar memahami siswa, bersikap netral, mau menjadikan siswa sebagai mitra belajar, bersikap ramah, mau menjaga hubungan sosial, bersikap tegas, berani dan sopan, bersikap adil, serta apresiatif terhadap siswa. Nilai ketiga dengan mau memberikan motivasi, menerima dan mendengarkan kesulitan siswa, serta mau berbagi informasi dan pengalaman secara jujur untuk memotivasi siswa; (2) Faktor yang mempengaruhi relevansi nilai-nilai ini dengan kompetensi kepribadian guru agama Islam di SMAN 3 Ponorogo yaitu faktor internal adalah pendidikan, pelatihan, motivasi, dan pengalaman, serta faktor eksternal adalah lingkungan sekolah, keluarga, dan media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:17
Last Modified: 20 Jun 2024 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28873

Actions (login required)

View Item View Item