Konsep Childfree Dalam Pandangan Islam ( Telaah Q.S luqman Ayat 14 Dengan Pendekatan Ma'na Cum Maghza )

Rusmana, Kharisma Adiani Dwi (2024) Konsep Childfree Dalam Pandangan Islam ( Telaah Q.S luqman Ayat 14 Dengan Pendekatan Ma'na Cum Maghza ). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
301200040_Kharisma Adiani Dwi Rusmana_Ilmu Al Qur an dan Tafsir.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di era zaman modern saat ini telah digemparkan dengan fenomena yang menjadi pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat yaitu keputusan bersama suami istri untuk tidak memiliki anak ( Childfree ). Kaum childfree menganggap bahwa hadirnya anak merupakan beban yang berat. Mulai dari mengandung, melahirkan, menyusui bahkan merawatnya. Di dalam Alquran surah Luqman ayat 14 telah menggambarkan proses kesusah payahan seorang Ibu dalam memiliki anak, mulai mengandung, melahirkan, dan menyusui. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengkaji ulang Q.S Luqman ayat 14 melalui metode interpretasi Ma’na-cum-naghza dan mengkontekstualisasikan hasil interpretasi ayat terhadap fenomena childfree.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, penghimpunan data melalui library research atau bersifat kepustakaan. Dengan menggunakan sumber data primer yait u Alquran surah Luqman ayat 14, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku, artikel, jurnal, maupun literatur-literatur lainnya yang releven dengan penelitian ini. Adapun pengolahan datanya, penelitihan ini menggunakan pendekatan deskriptif-analitik.
Dari hasil analisa penulis, dapat disim[ulkan bahwa secara historis Q.S Luqman ayat 14 adalah sebuah wasiat ataupun perintah allah kepada semua manusia, untuk berbakti dan berbuat baik kepada orang tua. Signifikansi fenomenal histori dari Q.S Luqman ayat 14 adalah (1) Kewajiban berbakti semua kepada orang tuanya (2) Perjuangan seorang Ibu dalam mengandung, melahirkan dan menyusui dalam keadaan yang lemah dan semakin lemah. Selanjutnya signifikansi fenomenal dinamis dari Q.S Luqman ayat 14 yaitu (1) Hubungan seorang anak dengan orang tua (2) Kewajiban seorang anak berbakti kepada orang tua. (3) Kemuliaan orang tua atas perjuangannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Q.S Luqman ayat 14 telah memberikan ibrah atau pembelajaran untuk umat Islam untuk tidak melakukan childfree.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Kalsum
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:16
Last Modified: 20 Jun 2024 03:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28871

Actions (login required)

View Item View Item