..(UPLOAD SESUAI KAIDAH, SILAKAN PELAJARI PANDUAN DI WEBSITE PERPUSTAKAAN DAN UPLOAD ULANG)..METODE KOMUNIKASI PECS (Picture Exchange Communication System) SEBAGAI PENGEMBANGAN SPIRITUAL ANAK AUTIS di SLB NEGRI 1 JENANGAN

Arista, Nurrani (2023) ..(UPLOAD SESUAI KAIDAH, SILAKAN PELAJARI PANDUAN DI WEBSITE PERPUSTAKAAN DAN UPLOAD ULANG)..METODE KOMUNIKASI PECS (Picture Exchange Communication System) SEBAGAI PENGEMBANGAN SPIRITUAL ANAK AUTIS di SLB NEGRI 1 JENANGAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
E THESIS BOS.docx

Download (52kB)

Abstract

ABSTRAK: Arista Nurrani Khasanah. 2023. Metode Komunikasi PECS (Picture Exchange Communication System) Sebagai Pengembangan Spiritual Anak Autis di SLB Negeri 1 Jenangan. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing: Kayyis Fithri Ajhuri, M.A. Kata Kunci: Metode Komunikasi, PECS, Pengembangan Spiritual anak Autis Komunikasi sangat penting bagi kehidupan manusia dengan manusia, manusia dengan jasmaninya, dan manusia dengan rohaninya. Komunikasi juga merupakan senjata bertahan hidup berdampingan dengan banyak jenis manusia . Komunikasi sangat luas jangkauanya memiliki dinamika tersendiri, teori dan tekhnik yang sangat banyak sekali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membina spiritualitas anak dengan Autis menggunakan metode komunikasi PECS (Picture Exchange Communication System). Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana dengan mengobservasi, mewawancarai, dan mendokumentasi kegiatan penelitian yang kemudian di kumpulkan untuk disajikan dalam sebuah penelitian dengan teknik analisis data dengan melakukan penguraian dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Penelitian ini menggunakan teknik persuasuf, dimana proses pendekatan kepada objek penelitian ini dengan sikap tenang, lemah lembut, bertutur perlahan dengan beberapa waktu menlakukan pengulangan komunikasi visual atau verbal dengan harapan mereka dapat menerima komunikasi kita dan mencerna dengan baik apa yang sedang kita sampaikan, kemudian penelitian ini juga dilakukan dengan kesabaran yang penuh untuk mengontrol mereka tetap pada mood yang baik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Begitupun dengan hambatan yang ada saat melakukan penelitian ini terletak pada mood anak yang cepat berubah, sulit di atur, dan keterbatasan komunikasi membuat pengajar dan peneliti sulit untuk memahami kemauan anak. Keberhasilan dalam proses ini adalah adanya peningkatan dan perubahan setelah penerapan pembinaan di lakukan. Dengan pembelajaran yang penuh kesabaran dan ketelitian pengulangan materi saat proses pembelajaran berlangsung, anak jadi paham dan mengerti pengetahuan baru dan kata kata baru, terutama pada kegiatan spiritual seperti mengerti beberapa doa pendek, surat pendek, bagaimana cara sholat meskipun masih meniru teman temanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: kayyis fithri ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:06
Last Modified: 20 Jun 2024 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28858

Actions (login required)

View Item View Item