Helmy Nova, Helmy (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG).. Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil' Alamin Tema Kewirausahaan Topik Olahan Buah di MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo Pulung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
PGMI_203200177_HELMY_NOVA_CAHYA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum merdeka adalah sistem kurikulum yang mengedepankan
pembelajaransecara efektif mengharuskan peserta didik secara aktif berpartisipasi
dalam mata pelajaran dikelas. Profil Pelajar Pancasila adalah salah satu upaya
pembentukan karakter peserta didik untuk menguatkan kompetensinya. Hal-hal yang
melatarbelakangi dibentuknya profil pelajar Pancasila yaitu pendidik karakter yang
mulai terkikis oleh waktu dan semakin dilupakan.
Proyek merupakan harus mengacu
pada capaian profil pelajar pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus
dikaitkan dengan capaian pembelajaran padamata pelajaran. Ini yang membedakan
pengembangan karakter kurikulum 2013 dan kurikulum prototipe.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Untuk mendeskripsikan
perencanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam membentuk
karakter melalui projek tema kewirausahaan topik Olahan Buah di MI Muhammadiyah
7 Sidoharjo Pulung; (2) Untuk mendeskripsikan tahapan aksi proyek penguatan profil
pelajar pancasila topik Olahan Buah di MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo Pulung; (3)
Untuk mendeskripsikan refleksi dan tindak lanjut proyek penguatan profil pelajar
pancasila diwujudkan melalui topik Olahan Buah di MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo
Pulung.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk
mengetahui secara langsung fenomena yang ada di lokasi penelitian. Pengambilan data
dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi bersama guru, kepala
sekolah dan waka kurikulum, tim P5, Wali kelas 1 Sd. Data primer diperoleh dengan
hasil wawancara mendalam dengan informan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) peserta didik mengikuti program
proyek penguatan profil pelajara pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin sudah
berjalan dengan tujuan yang ingin dicapai dan disesuaikan dengan modul yang sudah
ada. (2) Ketrampilan dan kemampuan peserta didik dalam mengikuti kegiatan proyek
penguatann profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin sangat baik
dan repson siswa senantiasa saling komunikasi antar siswa yang lain. (3) Adapun
dampak dari kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar
rahmatan lil’alamin membentuk sikap Taaadub, siswa menghitung hasil olahan
proyek dengan jujur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhlison Effendi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 03:02 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 03:02 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28854 |
Actions (login required)
View Item |