Royani, Novi Dwi (2024) Efektivitas Penggunaan Media Kantong Bilangan Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Peserta Didik Kelas II Di MI Ma'arif Gandu Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200077_NOVI DWI ROYANI_PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (1).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Royani, Novi Dwi. 2024. Efektivitas Penggunaan Media Kantong Bilangan terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Peserta Didik Kelas II di MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.
Kata Kunci: Media kantong bilangan, pemahaman konsep perkalian, pembelajaran matematika.
Penelitian ini dilatarbelakangi pada peserta didik yang kurang memahami pemahaman konsep perkalian, sehingga peserta didik kurang mengerti proses dari pemahaman konsep perkalian tersebut. Media pembelajaran kurang menarik peserta didik, guru hanya menggunakan alat papan tulis dan buku ajar peserta didik, sehingga peserta didik kesulitan dalam menguasai konsep perkalian.
Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan kantong bilangan terhadap pemahaman konsep perkalian peserta didik kelas II MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024, (2) Mengetahui penggunaan media kantong bilangan terhadap pemahaman konsep perkalian peserta didik kelas II di MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen, yaitu Eksperimen semu (Quasi Eksperimen), serta menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi dan tes. Observasi dalam penelitian ini yaitu melalui pengamatan untuk mendapatkan informasi dari peserta didik dalam menggunakan media kantong bilangan. Tes untuk mengetahui pemahaman konsep perkalian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan analisis data uji hipotesis yaitu uji independent sample t-test.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas penggunaan media kantong bilangan terhadap pemahaman konsep perkalian peserta didik kelas II MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Dengan nilai n-gain sebesar 0,77 atau 77% yang tergolong dalam kategori efektif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep perkalian setelah menggunakan media kantong bilangan. Keterlaksanaan penggunaan media kantong bilangan terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Weni Tria Anugrah Putri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 02:51 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 02:51 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28843 |
Actions (login required)
View Item |