Wardani, Dwi Sulistiya (2024) Strategi Pembelajaran P5 Dalam Kurikulum Merdeka Untuk Menguatkan Nilai-Nilai Keagamaan Siswa Kelas X Mata Pelajaran PAIBP Di SMAN 1 Sambit. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200056_DWI SULISTIYA WARDANI_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penguatan nilai-nilai keagamaan melalui pendekatan P5 bagi pendidik dijenjang Pendidikan menengah ke atas sangatlah penting untuk dilakukan. Sebab peserta didik sekarang ini hidup di zaman digitalisasi yang mana banyak terjadinya degradasi nilai-nilai keagamaan yang merujuk pada karakter peserta didik. Dengan demikian, Strategi pembelajaran P5 dalam Kurikulum Merdeka untuk menguatkan nilai-nilai keagamaan mempunyai relevansi tinggi dalam menghadapi tantangan pendidikan masa kini.
Tujuan dalam penelitian ini ada tiga yaitu, (1) untuk mengetahui perencanaan P5 dalam Kurikulum Merdeka untuk menguatkan pemahaman nilai-nilai keagamaan pada siswa kelas X2 mata Pelajaran PAIBP di SMA Negeri 1 Sambit, (2) untuk mengetahui pelaksanaan P5 dalam Kurikulum merdeka untuk menguatkan nilai-nilai keagamaan pada siswa kelas X2 di SMA Negeri 1 Sambit, (3) untuk mengetahui evaluasi P5 dalam Kurikulum Merdeka untuk menguatkan nilai-nilai keagamaan pada siswa kelas X2 mata Pelajaran PAIBP di SMA Negeri 1 Sambit.
Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini berasal dari waka kurikulum, guru PAI, koordinator P5, dan siswa SMA Negeri 1 Sambit. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles, Huberman dan Saldana meliputi kondensasi data, tampilan data, penarikan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, (1) Perencanaan P5 dalam Kurikulum Merdeka untuk menguatkan nilai-nilai keagamaan pada siswa kelas X2 mata pelajaran PAIBP di SMA Negeri 1 Sambit diawali dengan membentuk tim fasilitator projek, menentukan tema dan alokasi waktu. (2) Pelaksanaan P5 dalam Kurikulum Merdeka untuk menguatkan nilai-nilai keagamaan pada siswa kelas X2 mata pelajaran PAIBP di SMA Negeri 1 Sambit mempersiapkan sumber belajar dalam hal ini adalah alat dan bahan, membentuk kelompok, mengerjakan projek yang meliputi pengenalan, bayangkan, aksi atau pengerjaan projek dan refleksi. Adapun dalam hal ini dapat membentuk sikap saling bersama dan gotong royong, dimana hal tersebut termasuk dalam keteladanan dalam pembelajaran PAI, sehingga dapat membantu menguatkan nilai-nilai keagamaan siswa. (3) Evaluasi P5 dalam Kurikulum Merdeka untuk menguatkan nilai-nilai keagamaan pada siswa kelas X2 mata pelajaran PAIBP di SMA Negeri 1 Sambit ini yaitu menggunakan evaluasi proses melalui observasi selama kegiatan projek berlangsung. Dari tahapan evaluasi ini memiliki dampak yang baik dan dapat menambah penguatan atau pemahaman terkait dengan nilai-nilai keagamaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | H. Moh. Miftachul Choiri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 02:48 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 02:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28841 |
Actions (login required)
View Item |