Tinjauan Fiqih Munakahat Terhadap Keluarga Beda Agama di Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

Ubaidillah, Asroful (2024) Tinjauan Fiqih Munakahat Terhadap Keluarga Beda Agama di Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ASROFUL UBAIDILAH-SEKRIPSI.pdf

Download (13MB)

Abstract

Ubaidillah Asroful. 2024. Tinjauan Fikih Munakahat Terhadap Keluarga Beda Agama Di Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Udin Safala, M.H.I.
Kata Kunci: Fiqih Munakahat, Keluarga, Beda Agama.

Masyarakat Desa Mrican memiliki kepercayaan agama yang berbeda, yang terdapat hubungan keluarga yang berbeda agama. Dalam sebuah pernikahan dalam hukum fiqih munakahat wajib sama dalam hal agama disamping itu kehidupan dalam berumah tangga akan tentram penuh kasih sayang tidak dengan penikahan yang berbeda secara agama yang akan terdapati kesulitan dalam berumah tangga seperti dalam hal beribadah dan bimbingan keagamaan bagi anak mereka. Namun hal ini terjadi pada pasangan suami istri yang berbeda keyakinan dalam beragama. Hubungan keluarga yang berbeda agama dalam hukum fiqih munakahat akan memyebabkan fasakh dalam akad pernikahan tersebut.
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui proses terjadinya keluarga beda agama di Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo (2) mengtahui tinjauan fikih munakahat terhadap status perkawinan pasangan suami istri pasca (kembali ke agama awal) di Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.
Adapun dalam melakukan penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya lapangan, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan dokumentasi melakukan analisis data yang sudah diperoleh. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deduktif, yaitu suatu cara atau jalan yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan berangkat menggunakan teori yang bersifat umum yang kemudian ditarik untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat khusus.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) proses terjadinya keluaga beda agama di Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo yaitu dengan cara salah satu pasangan dari keluarga beda agama tersebut menyamakan agama mereka dengan pasangannya. (2) tinjauan fikih munakahat terhadap status perkawinan pasangan suami istri pasca (kembali ke agama awal) di Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo jadi status pernikahan dalam keluarga beda agama tersebut telah batal karena salah satu dari pasangan suami istri murtad atau keluar dari islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Udin Safala
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:47
Last Modified: 20 Jun 2024 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28838

Actions (login required)

View Item View Item