Oktavia, Anggi (2024) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII B MTs Miftahul Ulum Kradinan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201180026-ANGGI OKTAVIA-SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada hakikatnya setiap proses pembelajaran terdapat berbagai problematika didalamnya. Setiap guru tentu mengalami permasalahan yang berbeda-beda dalam melaksanakan pembelajaran. Adapun permasalahan yang dihadapi guru pada kelas VIII B secara garis besar seperti: terdapat ketidakdisiplinan di dalam kelas, konsentrasi siswa yang terganggu, metode pembelajaran yang kurang tepat, adanya siswa yang mengantuk saat pembelajaran berlangsung dan minimnya media pembelajaran. Permasalahan tersebut sangat berpengaruh terhadap konsentrasi belajar. Maka agar konsentrasi siswa tetap stabil dalam mengikuti pembelajaran seorang guru diharuskan mampu memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut dan menggunakan strategi yang tepat dalam mengelola kelas sehingga konsentrasi dari siswa tidaklah terganggu.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII B di MTs Miftahul Ulum Kradinan., 2) untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII B di MTs Miftahul Ulum Kradinan., dan 3) untuk Mendeskripsikan hasil penerapan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII B di MTs Miftahul Ulum Kradinan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana peneliti turun langsung di lapangan untuk mengetahui fenomena yang terjadi, sesuai rumusan masalah yang telah disusun. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang telah digunakan adalah menurut Milles, Huberman dan Saldana diantaranya: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. penerapan langkah-langkah oleh guru akidah akhlak bervariasi. Adapun langkah-langkah yang digunakan oleh guru yaitu: mengecek kesiapan belajar siswa, melakukan apersepsi, menggunakan ice breaking dalam pembelajaran, menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan aktif, penggunaan media pembelajaran, menggunakan berbagai macam metode pembelajaran (metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode penugasan), menerapkan system hadiah dan hukuman, memberikan kesimpulan, pemberian kuis soal., 2. kendala yang dihadapi oleh siswa dalam meningkatkan konsentrasi belajar yaitu: adanya siswa yang tertidur saat pembelajaran, siswa yang membuat gaduh, siswa tidak disiplin masuk kelas, terdapat siswa yang belum bisa lancar membaca Al-Qur’an., dan 3. penggunaan langkah-langkah yang baik dan disesuaikan oleh kebutuhan siswa dapat menambah tingkat konsentrasi dari siswa sehingga sangat berpengaruh terhadap aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan bahasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yusmicha Ulya Afif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 01:59 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 01:59 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28835 |
Actions (login required)
View Item |