Leopatra, Sarrifah (2024) Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Siswa Kelas IV MI Pesantren Sabilil MUttaqien Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
UPLOAD SKRIPSI SARRIFAH LEOPATRA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Leopatra, Sarrifah. 2024, Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Siswa Kelas 4 MI Pesatren Sabilil Muttaqien Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Berlian Pancarrani, M. Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa
Penggunaan bahasa daerah dalam kegiatan sehari-hari semakin menurun. Terutama dalam hal berbicara dengan orang yang lebih tua menggunakan bahasa Jawa krama. pada umumnya masih banyak orang ketika berbicara dengan orang yang lebih tua menggunakan bahasa Jawa ngoko dan bahasa Indonesia. sekolah sebagai tempat yang mempunyai peran sangat penting dalam melatih pendidik mempunyai kegiatan yang dapat melatih berbicara krama melalui pembelajaran bahasa Jawa di kelas. Adanya kegiatan ini, akan dapat membantu siswa dalam melatih serta meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa khususnya krama.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan bahasa Jawa siswa saat pembelajaran di kelas 4 MI PSM Kota Madiun, (2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara bahasa Jawa di kelas 4 MI PSM Kota Madiun.
Penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini berfokus pada siswa kelas 4. Penelitian ini, menggunakan proses pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan lembar tes keterampilan berbicara bahasa Jawa. Teknik analisis data yang diguanakan adalah analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) berdasarkan hasil tes Berbicara bahasa Jawa yang diperoleh siswa. Untuk hasil penggunaan bahasa Jawa siswa subjek hanya siswa kelas IV saja berdasarkan hasil tes berbicara tinggi dan rendah yang dimiliki siswa. Dalam penelitian wawancara, siswa yang kesulitan berbicara bahasa Jawa mungkin dapat diatasi dengan membiasakan berbicara bahasa Jawa saat pembelajaran bahasa Jawa dan memberikan motivasi kepada siswa. 2) faktor pendukung siswa dalam melatih keterampilan berbicara yaitu kepercayaan diri, lingkungan rumah dan pergaulan sehari-hari siswa. Faktor penghambat yaitu komunikasi antara guru dan siswa yang sering memakai bahasa Indonesia, rendahnya motivasi siswa, kebiasaan keluarga sejak kecil tidak diajarkan bahasa Jawa, dan lingkungan sekitar yang sering menggunakan bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Berlian Pancarrani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 01:33 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 01:33 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28808 |
Actions (login required)
View Item |