Indarti, Tiyas (2024) Peran Aplikasi TikTok Berkonten Islami Dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Remaja Di Desa Panjeng Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
TIYAS INDARTI_201200192_PAI_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Indarti, Tiyas. 2024. Peran Aplikasi TikTok Berkonten Islami dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Remaja di Desa Panjeng Jenangan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Abu Muslim, M.A.
Kata Kunci: TikTok, Konten Islami, Perilaku Keagamaan.
Perkembangan teknologi dan globalisasi menghasilkan inovasi-inovasi pendidikan yang meningkat dan terciptalah media dengan fungsi dan versi yang beragam. Salah satunya yaitu TikTok berkonten islami yang berperan meningkatkan perilaku keagamaan remaja. Pada saat ini aplikasi TikTok juga menjadi media untuk menyebarkan konten-konten keislaman. TikTok menjadi salah satu media yang sangat populer pada masyarakat khususnya para remaja, sehingga dapat mempengaruhi perilaku keagamaannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penayangan TikTok berkonten islami dalam meningkatkan perilaku keagamaan remaja dan dampak menonton TikTok berkonten islami terhadap peningkatan perilaku keagamaan remaja di Desa Panjeng Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan berasal dari remaja di Desa Panjeng sebanyak 20 partisipan. Teori yang digunakan yaitu teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman, dengan melalui tiga tahap yaitu eksternalisasi, adalah upaya untuk menyampaikan ekspresi atau gagasannya ke dunia, baik itu aktivitas fisik maupun mental, dalam hal ini terjadi pemahaman awal terhadap konten islami yang dilihat dan terbentuklah sebuah interaksi, objektivasi adalah hasil dari eksternalisasi aktivitas yang telah dilakukan baik fisik maupun mental, pada tahap ini dimulainya analisis terhadap benar atau salahnya pembahasan pada konten islami, Internalisasi yaitu memasukkan kembali kegiatan yang sudah di objektivasi sehingga nilai subjektif telah terpengaruh oleh struktur sosial, pada tahap ini diimplementasikannya informasi keagamaan yang telah terbukti benar dalam kesehariannya.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertama, penayangan konten islami di aplikasi TikTok dapat meningkatkan perilaku keagamaan remaja di Desa Panjeng dengan melalui tahapan eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Kedua, aplikasi TikTok berkonten islami memberikan dampak pada perilaku keagamaannya yaitu meningkatkan pada aspek iman, aspek akhlak atau moral, aspek amal saleh, dan aspek ibadah. Remaja yang sering melihat konten dari dai moderat lebih terbuka terhadap keberagaman, sedangkan remaja yang cenderung melihat konten dari dai konservatif mereka cenderung berperilaku konservatif dan lebih eksklusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Abu Muslim |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 01:28 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 01:28 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28804 |
Actions (login required)
View Item |