Baihaqy, Ahmad Abdul Hakim (2024) Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas 5B MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203190201_AHMAD ABDUL HAKIM BAIHAQY_PGMI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Baihaqy, Ahmad Abdul Hakim. 2023. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Paragraf Deskripsi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas 5B MIN 4 Ponorogo Bangunrejo Sukorejo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Tintin Susilowati, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Mind Mapping, Menulis Teks Paragraf Deskripsi
Pada jenjang pendidikan SD/MI tingkat tinggi khususnya kelas 5, terdapat materi pembelajaran menulis teks paragraf deskripsi sederhana. Saat ini tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis paragraf deskripsi. Hal ini terjadi karena siswa kurang konsentrasi dalam pembelajaran, siswa kesulitan memahami materi yang diajarkan, siswa mampu menulis paragraf deskripsi namun gaya penyampaianya kurang memikat pembaca dan pilihan katanya masih kurang menggugah selera pembaca. Hal ini membuat kemampuan siswa belum sesuai dengan kriteria menulis paragraf deskripsi. Sehingga solusinya dengan menerapkan Metode Mind Mapping.
Tujuan adanya penelitian ini adalah, (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan Metode Mind Mapping dalam meningkatkan kemampuan menulis teks paragraf deskripsi pada siswa kelas 5 MIN 4 Ponorogo. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi menggunakan Metode Mind Mapping pada siswa kelas 5 MIN 4 Ponorogo.
Penelitian yang digunakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2 Siklus. Penelitian yang digunakan, menerapkan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis teks paragraf deskripsi. Tahap penelitian yang digunakan meliputi: perencanaa, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5B MIN 4 Ponorogo dengan jumlah keseluruhan 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1)Metode pembelajaran ini dirasa baik digunakan untuk meningkatkan memampuan menulis teks paragraf deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil dari siklus I dan siklus II dapat disimpulkan sebagai berikut: Penelitian pada siklus I belum tuntas. Dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai kemampuan menulis teks paragraf deskripsi siswa kelas 5B sebanyak 70.5%, dengan ketuntasan hasil belajar siswa menulis teks paragraf deskripsi siswa sebanyak 65%. (2)Nilai kemampuan menulis teks paragraf deskripsi siklus II sudah mengalami peningkatan sebanyak 16%. Rata-rata nilai kemampuan menulis teks paragraf deskripsi siswa kelas 5B pada siklus II sebanyak 86.5%. sedangkan ketuntasan belajar menulis teks paragraf deskripsi pada siklus II sebanyak 100%. Kesimpulannya penerapan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis teks paragraf Deskripsi siswa. Karena metode ini dapat mempermudah siswa dalam mengakap dan memahami isi materi yang diberikan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Tintin Susilowati |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 07:17 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 07:17 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28779 |
Actions (login required)
View Item |