..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. TAMBAHManajemen Media Radio Gema Surya FM Dalam Mempertahankan Pangsa Pasar

Fatimah, Ahya Aprillia Ratri Parastri (2024) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. TAMBAHManajemen Media Radio Gema Surya FM Dalam Mempertahankan Pangsa Pasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ahya Fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aprillia Ratri Parastri Fatimah, Ahya, 2024. Manajemen Media Radio Gema Surya FM Ponorogo Dalam Mempertahankan Pangsa Pasar. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Irma Rumtianing UH, M.SI.
Kata Kunci/Keyword: Manajemen Media, Pangsa Pasar, Gema Surya FM
Radio Gema Surya FM merupakan sebuah Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) di kabupaten Ponorogo. Radio Gema Surya FM menjadi salah satu rujukan berita oleh masyarakat Ponorogo. Di masa ini, persaingan antar media penyiaran semakin kompleks. Kompetitor yang bermunculan dan selera audiens yang semakin beragam. Akibatnya, sebuah radio dituntut bisa menerapkan strategi manajemen media yang tepat untuk bertahan dalam industri media penyiaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana identifikasi segment pendengar di Radio Gema Surya FM, bagaimana penentuan targeting pendengar Radio Gema Surya FM, serta bagaimana positioning Radio Gema Surya FM Ponorogo.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis segmentasi, targeting, dan positioning Radio Gema Surya FM Ponorogo. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode induktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi manajemen Media Radio Gema Surya FM dalam mempertahankan pangsa pasarnya dilihat dari bagaimana segment pendengar yang dimiliki, siapa saja target pasarnya, dan juga bagaimana Radio Gema Surya FM memposisikan radionya di era yang semakin maju dengan media yang tentu saja telah melakukan berbagai strategi untuk mempetahankan audiensnya.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa segment pendengar di Radio Gema Surya FM Ponorogo adalah middle-up yang ditentukan berdasarkan variable deografis, geografis, dan psikografis. Adapun penentuan targeting pendengar terkonsep dari segmentasi yaitu para remaja, mahasiswa, pekerja swasta, maupun kantoran. Sedangkan positioning Radio Gema Surya FM Ponorogo dengan melakukan promosi atau publikasi seperti membagikan setiap kegiatan dan berita-berita terkini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing U.H
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:07
Last Modified: 19 Jun 2024 07:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28753

Actions (login required)

View Item View Item