Halimah, Siti (2024) Ilokusi Dalam Komunikasi Siswa Dan Guru Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Di MIT Darul Muttaqien Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI E-THESIS 203200109 SITI HALIMAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Halimah, Siti. 2024. Ilokusi dalam Komunikasi Siswa dan Guru pada Pembelajaran Bahasa Jawa di MIT Darul Muttaqien Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata kunci: Ilokusi, Komunikasi, Pembelajaran Bahasa Jawa.
Komunikasi antara siswa dan guru memiliki peran yang penting dalam transfer pengetahuan dan pengembangan keterampilan. Komunikasi yang efektif antara kedua belah pihak dapat memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih baik. Namun, komunikasi bukan sekadar pertukaran kata-kata melainkan juga melibatkan pemahaman makna dalam setiap tuturan, yang dikenal sebagai ilokusi. Dalam konteks bahasa Jawa, ilokusi mengacu pada cara penggunaan bahasa untuk menyampaikan makna atau tujuan tertentu. Dalam percakapan bahasa Jawa, penggunaan kata, atau bahkan intonasi yang khas dapat memberikan petunjuk tentang maksud pembicara yang sesuai dengan situasi dan konteks tuturan, seperti apakah mereka memberi perintah, meminta informasi, atau menyatakan pendapat. Dengan memahami situasi dan konteks tuturan, penutur dapat memilih tujuan komunikatif yang sesuai untuk mencapai efek yang diinginkan saat berkomunikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tindak tutur ilokusi asertif, (2) mendeskripsikan tindak tutur ilokusi direktif, (3) mendeskripsikan tindak tutur ilokusi komisif, (4) mendeskripsikan tindak tutur ilokusi ekspresif, dan (5) mendeskripsikan tindak tutur ilokusi deklaratif, pada komunikasi antara siswa dan guru dalam konteks pembelajaran bahasa Jawa di MIT Darul Muttaqien Magetan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Analisis data yang digunakan terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, teknik rekam dan simak catat.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 120 temuan data bentuk tindak tutur ilokusi, yaitu (1) 24 ilokusi asertif, (2) 72 ilokusi direktif, (3) 4 ilokusi komisif, (4) 17 ilokusi ekspresif, dan (5) 3 ilokusi deklaratif. Berdasarkan temuan data tersebut dapat disimpulkan bahwa tindak tutur ilokusi yang paling dominan muncul pada pembelajaran bahasa Jawa di MIT Darul Muttaqien Magetan adalah ilokusi direktif karena sifatnya mengarahkan peserta didik untuk melakukan sesuatu. Dalam konteks pembelajaran, penting untuk memberikan arahan kepada peserta didik dalam memahami, menyelesaikan tugas dan aktivitas pembelajaran yang efektif. Dan paling sedikit, yaitu tindak tutur ilokusi deklaratif karena fungsi tersebut untuk membuat perubahan status atau situasi tertentu melalui pernyataan yang diucapkan secara langsung, seperti guru memberikan hukuman atau konsekuensi kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yuentie Sova Puspidalia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 03:48 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 03:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28721 |
Actions (login required)
View Item |