Pengaruh Peran Orang Tua Dan Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik MI Ma'arif Setono Ponorogo

Ma'ruf, Latifah Ely (2024) Pengaruh Peran Orang Tua Dan Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik MI Ma'arif Setono Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI E-THESES LATIFAH ELY M_203200055.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ma’ruf, Latifah Ely. 2024. Pengaruh Peran Orang Tua dan Teman Sebaya Peserta Didik MI Ma’arif Setono Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Ali, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional.
Kecerdasan emosional menjadi semakin relevan dalam menghadapi perkembangan saat ini, pesatnya kemajuan teknologi juga memberi perhatian terhadap tantangan perkembangan psikologis anak-anak. Kesulitan yang akan dihadapi bagi anak-anak tingkat sekolah dasar salah satunya adalah mengelola emosional mereka, seperti rasa cemas, takut, atau kurang mampu mengelola emosional saat belajar. Hal ini dapat mempengaruhi kesejahteraan mental dan prestasi akademis mereka. Orang-orang yang berperan dalam lingkungan anak-anak, akan mempengaruhi perkembangan anak dalam proses belajar sosialnya. Proses belajar sosial inilah yang membentuk pengalaman-pengalaman di masa anak-anak dan menjadi faktor yang berpengaruh terhadap kecerdasan emosionalnya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini mempunyai tiga tujuan. Pertama, untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas IV dan V di MI Ma’arif Setono Ponorogo. Kedua, mengetahui pengaruh peran teman sebaya terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas IV dan V di MI Ma’arif Setono Ponorogo. Ketiga, mengetahui pengaruh peran orang tua dan teman sebaya terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas IV dan V di MI Ma’arif Setono Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 94 responden peserta didik MI Ma’arif Setono Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan emosional peserta didik di MI Ma’arif Setono Ponorogo diperoleh tingkat signifikansi atau probabilitas 0,000 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh dan memberikan kontribusi sebesar 22,9%; (2) peran teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan emosional peserta didik di MI Ma’arif Setono Ponorogo dengan hasil signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh dan memberikan kontribusi sebesar 34,1%; dan (3) peran orang tua dan teman sebaya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan emosional peserta didik di MI Ma’arif Setono Ponorogo dengan hasil signifikansi 0,000 < 0,05 dan memberikan kontribusi sebesar 42,9%..

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:46
Last Modified: 19 Jun 2024 03:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28718

Actions (login required)

View Item View Item