PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ANAK ISLAMI “SENYUM UMI” KARYA ANNA CHRISNA GURNANDY

Binti Nikmatur, Rohmah (2018) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ANAK ISLAMI “SENYUM UMI” KARYA ANNA CHRISNA GURNANDY. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210314238_Binti Nikmatur Rohmah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rohmah, Binti Nikmatur. 2018. Pendidikan Karakter Dalam Novel Anak Islami “Senyum Umi” Karya Anna Chrisna Gurnandy. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Novel
Mengingat pentingnya peran keluarga, kedua orang tua diharapkan memberikan pendidikan yang baik bagi si anak. Kebanyakan orang tua sekarang ini kurang memperhatikan dan kurang menanamkan nilai karakter. Maka dari itu diperlukan sebuah model melalui suatu produk budaya yang dapat digunakan untuk menanamkan pendidikan karakter bagi anak. Diantaranya melalui sebuah bacaan. Dengan membaca, anak akan sendirinya mencari makna dari apa yang dibaca. Secara tidak langsung anak akan menemukan intisari bacaan. Salah satu bacaan yang mengandung pendidikan karakter adalah melalui karya sastra seperti novel anak.Dalam novel anak Islami “Senyum Umi” mengandung beberapa nilai pendidikan karakter, terutama pendidikan karakter religius, pendidikan karakter tangguh (pantang menyerah), dan pendidikan karakter peduli sosial (peduli sesama).
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pendidikan karakter religius dalam novel anak Islami “Senyum Umi”? (2) Bagaimana proses pendidikan karakter tangguh atau pantang menyerah dalam novel anak Islami “Senyum Umi”? (3) Bagaimana proses pendidikan karakter peduli sosial atau peduli sesama dalam novel anak Islami “Senyum Umi”?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), yakni jenis penelitian yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaah kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis. Metode pengumpulan datanya dilakukan dengan metode documenter. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah content analysis (analisis isi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendidikan karakter religius dalam novel anak Islami Senyum Umi melalui berbagai macam proses. Seperti, metode pembiasaan, interaksi anatara orangtua dan anak, metode nasihat, metode targhib atau motivasi, praktik ibadah langsung, dan metode keteladanan. (2) Proses yang dapat dilakukan pada pendidikan karakter tangguh (pantang menyerah) diantaranya metode keteladanan, Pola asuh demokratis, mengombinasikan kesungguhan dengan kegembiraan, refleksi (kemampuan sadar khas manusiawi), metode pembiasaan, dan metode keterampilan kerja. (3) Proses pendidikan karakter peduli sosial (peduli sesama) ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti dengan menjalankan praktek langsung, metode nasihat, metode keteladanan, metode pemotivasian, mengajarkan prinsip persaudaraan dan metode pembiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr.AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jul 2018 02:13
Last Modified: 06 Jul 2018 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item View Item