..(GUNAKAN FONT SESUAI KAIDAH PENULISAN SKRIPSI, UPLOAD ULANG)..Pemanfaatan Channel YouTube Garda Warta Sebagai Media Penyebaran Informasi

Rifa'i, Naufal Ghufron (2024) ..(GUNAKAN FONT SESUAI KAIDAH PENULISAN SKRIPSI, UPLOAD ULANG)..Pemanfaatan Channel YouTube Garda Warta Sebagai Media Penyebaran Informasi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Naufal Ghufron Rifa'i_302200049.pdf

Download (19MB)

Abstract

Rifa'i, Naufal Ghufron 2024. Pemanfaatan Channel YouTube Garda Warta Sebagai Media Penyebaran Informasi. Skripsi, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Faiq Ainurrofiq, M.A.

Kata Kunci: Media Sosial, YouTube, Pemenuhan Kebutuhan
Di era globalisasi ini, media konvensional semakin berkurang relevansinya dan digantikan oleh media sosial karena kemampuannya dalam menjangkau audiens secara luas. Banyak masyarakat yang beralih ke platform media sosial seperti YouTube karena fleksibilitasnya yang memungkinkan pengguna untuk mencari informasi, mengakses hiburan, dan mengisi waktu luang. Selain itu YouTube juga menjadi tempat bagi pengguna untuk berkomunikasi dan berdiskusi. Oleh karena itu, channel YouTube Garda Warta hadir untuk memenuhi kebutuhan informasi dan hiburan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apa motif penggunaan channel YouTube Garda Warta sebagai media penyebaran informasi. (2) untuk mengetahui bagaimana channel YouTube Garda Warta dalam pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: (1) Motif Garda Warta dalam menggunakan Youtube sebagai media penyebaran informasi meliputi: Motif informasi yang timbul adalah penyebaran suatu informasi oleh Garda Warta dalam konteks pemberitaan, Jala Budaya dan Tunjung Budaya yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Motif komunikasi dan diskusi yang timbul adalah pengguna dapat saling berinterkasi memberi tanggapan tentang video yang dipublikasikan oleh Garda Warta atau bahkan melakukan diskusi saat Garda Warta melakukan live YouTube. Motif transaksi yang timbul adalah fasilitas transaksi informasi dan ide-ide dari produsen yang memiliki potensi lokal khususnya maresidenan Madiun ke konsumen. Motif pemasaran diri yang timbul adalah sebagai alat untuk memperlihatkan kedudukan dan dedikasinya dalam membantu memajukan daerah melalui konten yang diproduksi oleh Garda Warta. Motif monetisasi yang timbul adalah sebagai sumber penghasilan yang potensial dari konten yang diproduksi oleh Garda Warta. Dan yang terakhir adalah motif yang timbul dari hiburan kepada audiens. (2) Dalam pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat, Channel YouTube Garda Warta memberikan informasi-informasi khas yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, Channel YouTube Garda Warta didukung dengan fitur yang lebih memudahkan masyarakat dalam mencari informasi. Channel YouTube Garda Warta juga menyebarkan informasi yang relevan dan terpercaya dengan tetap memperhatikan nilai-nilai jurnalistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faiq Ainurrofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:14
Last Modified: 19 Jun 2024 03:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28675

Actions (login required)

View Item View Item