Penerapan Metode Drill and Practice dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Ayat Al-Qur’an Materi PAI Siswa Kelas X TBSM B di SMKN 1 Jenangan Ponorogo

Karomah, Latifatul (2024) Penerapan Metode Drill and Practice dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Ayat Al-Qur’an Materi PAI Siswa Kelas X TBSM B di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KAROMAH upload etheses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karomah, Latifatul. 2024. Penerapan Metode Drill and Practice dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Ayat Al-Qur’an Materi PAI Siswa Kelas X TBSM B di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata Kunci: Drill and practice, menghafal ayat al-Qur’an, materi PAI.
Penerapan metode pembelajaran yang tepat sangat penting untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik sesuai kebutuhan siswa. Adapun salah satu pembelajaran dalam materi PAI khususnya untuk menghafal ayat Al-Qur’an yaitu metode drill and practice. Metode ini dipakai guru untuk mengembangkan potensi siswa dalam membaca atau menghafal ayat Al-Qur’an.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi penerapan metode drill and practice, untuk memaparkan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat, serta menjelaskan dan menganalisis implikasi penerapan metode drill and practice dalam mengatasi kesulitan menghafal ayat Al-Qur’an materi PAI pada siswa.
Metode dalam penelitian ini yakni menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian dengan studi kasus. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dan untuk analisis data yakni berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut (1) strategi penerapan metode drill and practice dalam pembelajaran PAI sangat efektif untuk mengurangi rasa malas siswa serta mengatasi kesulitan siswa dalam menghafal yakni guru membuat siswa fokus terlebih dahulu, mencontohkan langsung kepada siswa untuk membaca ayatnya lalu ditirukan bersama-sama dan diulang-ulang, kemudian guru juga membentuk kelompok agar siswa dapat bekerja sama dan saling menyemangati dalam menghafal ayat Al-Qur’an (2) faktor pendukung dan penghambat metode drill and practice yaitu, karena metode ini dengan cara diulang-ulang biasanya cenderung menyebabkan rasa jenuh siswa, akan tetapi untuk mencegah permasalahan tersebut guru juga membentuk kelompok belajar serta penekanan media pembelajaran seperti virtual class agar siswa tidak jenuh, metode ini juga memerlukan waktu yang singkat sehingga memudahkan siswa dalam menghafal, serta melatih siswa untuk memahami hukum bacaan dengan tepat (3) implikasi dari penerapan metode drill and practice ini membawa dampak positif yakni pemahaman siswa dalam membaca atau menghafal Al-Qur’an semakin meningkat yakni dibuktikan dari perolehan nilai siswa yang baik, serta siswa yang awalnya malu membaca Al-Qur’an menjadi semakin berani karena dibaca secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:12
Last Modified: 19 Jun 2024 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28673

Actions (login required)

View Item View Item