Putri, Nandia (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMAN 1 JENANGAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI WATERMARK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Putri, Nandia, 2024. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Negeri 1 Jenangan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ahmad Nu’man Hakim, M.Ag.
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka
Pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka adalah proses belajar mengajar dimana peserta didik dapat mempelajari materi pelajaran sesuai dengan kemampuan, apa yang disukai, dan kebutuhannya masing-masing peserta didik. Serta memberikan peluang bagi guru dan peserta didik bebas berkreasi, berinovasi, dan belajar mandiri agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Setiap sekolah memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam melaksanakan proses pembelajaran dalam kurikulum merdeka, salah satunya SMA Negeri 1 Jenangan yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka karena adanya permasalahan tentang minat belajar siswa yang kurang baik dan kurangnya pemahaman guru dalam penerapan kurikulum merdeka. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada proses pembelajaran di setiap kelas ini berupaya untuk menghasilkan adanya proses pembelajaran yang juga bersifat lentur, luwes, dan mengikuti keadaan serta kebutuhan peserta didik
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) Untuk menjelaskan perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Jenangan, (2) Untuk menjelaskan pelaksanaan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Jenangan, (3) Untuk menjelaskan dampak yang terjadi dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Jenangan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menerapkan jenis penelitian studi kasus, sedangkan teknis pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan teknis analisis data menggunakan model yang dikemukakan oleh Milles dan Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka pada Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Negeri 1 Jenangan akan melaksanakan kegiatan Pelatihan dan workshop in house training tentang perencanaan pembelajaran berdiferensiasi, (2) Mengadakan workshop dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi, (3) Dampak dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi berasal dari faktor internal yaitu dari motivasi, dan sikap siswa, dan berasal dari fasilitas sekolah, sedangkan faktor eksternal berasal dari dukungan orang tua. Solusi dari hambatan tersebut para pendidik memberikan pembelajaran yang lebih berinovasi untuk menambah minat dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmad Nu'man Hakiem |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 02:56 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 02:56 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28666 |
Actions (login required)
View Item |